PD Yang Ada Di MKD Bisa Jadi Penentu Voting Kasus Novanto

Jakarta~Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan melanjutkan sidang terkait kasus yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto nanti siang. Kemungkinan akan ada voting untuk menentukan apakah sidang akan berlanjut atau tidak, mengingat sebelumnya sempat terjadi deadlock selama 3 jam.

  Jika voting dilakukan, maka anggota dari Fraksi Partai Demokrat (FPD) adalah penentu. Saat ini ada 2 orang anggota MKD yang berasal dari FPD.

  Salah satu anggota MKD dari FPD Darizal Basir berjanji akan mengambil keputusan yang objektif jika voting dilakukan. Janji itu dia ucapkan sesuai dengan agama yang dia anut.

  "Insya Allah (akan objektif)," ucap Darizal Senin malam (30/11/2015).

  Dia juga menganggap voting tersebut sangat mungkin dilakukan bila tidak ada kesepakatan. Tetapi dia tak menegaskan lebih lanjut apakah akan mendukung kelanjutan sidang atau tidak.

  "Bila tadi tidak ada kesepakatan atas rencana sidang, ya mungkin akan terjadi voting," kata Darizal.

  Komposisi fraksi DPR pendukung pemerintah dan KMP di MKD akan menentukan. Di MKD, anggota fraksi pendukung pemerintah ada 8 orang (PDIP 3, NasDem 1, PKB 1, Hanura 1, PAN 2), unggul satu suara dibanding KMP yang hanya punya 7 orang (Golkar 3, Gerindra 2, PKS 1, PPP 1). Namun partai pendukung pemerintah bisa kalah jika 2 anggota Fraksi Partai Demokrat mendukung KMP. Anggota PD di MKD akan jadi penentu.

  Selain Darizal, sebelumnya anggota MKD dari FPD Guntur Sasono sudah menyatakan pendapatnya. Tetapi pernyataan Guntur seakan menempatkan FPD di ruang abu-abu.

  "Kita tidak berpihak ke mana pun. Kita berpihak pada kebenaran dan kejernihan berpikir. Dalam proses sidang, mana yang bisa kita luruskan, ya kita luruskan," kata Guntur di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!