Study Banding Kades Ke Kota Kembang Bandung Di Anggap Hanya Menghamburkan Uang Rakyat

Bengkalis : RIAUNET.COM ~ Seluruh Kepala Desa dan juga perangkat yang ada di Pemerintahan Kecamatan Bukit Batu diduga menghamburkan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan modus melakukan studi banding ke Bandung tentang pengelolaan keuangan desa yang ada di kota kembang tersebut. 

Padahal tahun 2014 yang lalu program serupa juga telah dilakukan ke Bali.

Ketua LSM KPK bengkaalis Deady Mengatakan ,melalui informasi yang di dapat, bahwa program studi banding ini hanya Kecamatan Bukit Batu saja yang memberangkatkan Kadesnya dan setiap desa harus mengeluarkan uang Rp10 juta yang diambil dari dana ADD untuk biaya keberangkatan tersebut,"kata Deady.

Menurutnya, ada beberapa kades yang membawa anak dan istrinya berangkat studi banding tersebut, keberangkatan studi banding ini diduga sengaja di rencanakan jauh-jauh hari oleh Kades dan pegawai Kecamatan agar terlihat bermanfaat untuk bekal ilmu perangkat Desa.

"Kades seharusnya memikirkan masyarakatnya dan juga pembangunan dan perkembangan desa, ini malah menghamburkan dana desa untuk kepentingan pribadi dengan modus studi banding," Ujar Ketua lembaga swadaya masyarakat komunitas pemantau korupsi(LSM KPK)kabupaten bengkalis, Jumat sore (18/12/2015). 

Lanjut Deady, Dana ADD seharusnya dikelola untuk kepentingan masyarakat dan bukan untuk kepentingan pribadi dengan alasan studi banding, selain itu juga meminta agar Pj Bupati untuk menindak Kades yang ada di kecamtan Bukit Batu agar lebih profesonal dan bukan memhamburkan uang rakyat ,"tegasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bengkalis, Ismail membenarkan hal tersebut dalam rangka pelatihan peningkatan keterampilan SDM aparatur pemerintah desa dengan memakai dana APBdes, dan usulan ini murni dari mereka (kades-red),"kata ismail. (Hws)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!