Akibat Terlambatnya Transfer DBH Dari Pusat, Beberapa Kegiatan Juga Ikut Tertunda Pembayarannya

RokanHulu:Riaunet.com~Dengan belum di salurkan nya dana primbangan triwulan IV tahun 2015 oleh pemerintah pusat yang mencapai Rp 78 miliar sampai per 31 desember 2015, ini berdampak tertunda nya pembayaran sejumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan pihak ketiga maupun kegiatan SKPD Rohul, yang sudah tertuang di APBD murni kabupaten Rokan Hulu 2015. 

Keterlambatan pengiriman Dana Bagi Hasil (DBH)migas dari pemerintah pusat melalui kementerian keuangan kesejumlah kabupaten/kota, khusus nya rohul sangat disayang kan, karena tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu. 

Bila di beritahukan jauh hari sebelum nya, tentunya pemerintah daerah siapkan antisipasi dan menyiapkan solusi nya. 

Hal ini diakui sekretaris daerah (sekda) rohul, Damri Harun kamis (14/1/2016).

Ia mengakui , pemkab rohul tetap akan akomodir pembayaran pelaksanaan kegiatan yang belum dibayarkan ke pihak ketiga pada 31 desember 2015 lalu, dan ini merupakan hutang di dalam RAPBD rohul 2016. 
Namun itu, tetap akan kita bayarkan hutang pemkab kepada pihak ketiga, asalkan kegiatan itu kode rekening nya sama.

"Misalnya kegiatan pembangunan jalan ,rekanan yang sudah melaksanakan tahun 2015, namun belum di bayarkan ,maka di APBD tahun 2016 itu di anggarkan dengan membuat kalimat akan di bayar tahun 2016. Karena itu di anggap sebagai hutang pemkab rohul", jelas sekda. 

Guna mengakomodir pembayaran kegiatan tahun 2015 yang belum di bayarkan ,maka pihak nya akan memimpin rapat dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta melakujan kesepakatan bersama dengan rekanan atau pihak ketiga, dan hasil kesepakatan itu, nanti nya akan dituangkan di surat keputusan (SK) bupati rohul, yang menerangkan bahwa kegiatan 2015, yang tidak terbayarkan akan di bayarkan pada tahun 2016. 

"Di singgung alasan keterlambatan pembayaran dana perimbangan pusat kedaerah, Damri mengakui, tidak mengetahui persis alasannya. Informasi tertunda nya dana transfer pusat kedaerah mendadak dan tampa di beritahu sebelum nya oleh kementerian daerah,"tandasnya (na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!