Kodim 0303 Bengkalis Dan Kadis TPH Kabupaten Siak Tanam Bibit Padi Kartika 1-82

SIAK:Riaunet.com~ Kodim 0303 bengkalis yang bekerjasama dengan dinas Tanaman Pangan dan Portikultura,Rabu ( 20/1) melaksanakan penanaman perdana bibit padi kartika 1-82, di lahan UPTD pertanian kampung belading sabak auh kabupaten  siak provinsi riau,dengan luas demplot tanaman pangan, 1 Ha. 

"Demplot tanam pangan kartika 1-82 telah di ujicoba di beberapa wilayah di indonesia, seperti di sumut, sumbar, painan, palembang, jawa, sulawesi, termasuk di riau, Dan di riau Sendiri serentak demplot tanam pangan kartika 1-82 yaitu Diwilayah di kabupaten Siak, Bengkalis, kampar, meranti, dan pelalawan. 

Hal ini Dikatakan Dandim Letkol Wachyu DH ketika melaksanakan penanaman perdana bibit padi kartika 1-82 rabu (20/1/2016) dikampung belading kecamatan sabak auh kabupaten siak provinsi riau. 

"Menurutnya ,Indonesian sebahagian besar merupakan penghasil komoditi seperti tanaman pangan,Pihak TNI yang bekerjasama dengan dinas TPH siak untuk mengenalkan jenis padi kartika 1-82,Dengan untuk perdana di kecamatan sabak auh, di beberapa wilayah di indonesia, tanaman padi jenis bibit kartika 1-82,dan mudah-mudahan di daerah ini juga berhasil. 

Memang ada kendala di wilayah siak, mengenai kondisi tanahnya dibandingkan dengan daerah yang lain,Sementara di indonesia sendiri sangat jauh berbeda juga di tunjang irigasi yang kurang baik, mudah-mudahan demplot kartika 1-82 yang kita canangkan di sabak auh menuai hasil yang baik, tentunya untuk mengairahkan semangat gapoktan dan menambah penghasilan cukup bagi petani", kata Dandim, Letkol Wachyu DH di hadapan gapoktan. 

"Kepala dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) kabupaten siak Hj Robiati menyampaikan, Kami Dari Pemerintah Kabupaten Siak melalui dinas pertanian memberi ucapan Terimakasih kepada TNI, terutama Dandim 0303 bengkalis, yang peduli akan petani tentunya melaui kerjasama ini, harapan kita bersama kelompok tani sabak auh yang jadi pahlawan tani tetap nengamankan sandang pangan ,"ujar robiati. 

Menurutnya ,Secara Keseluruhan penghasilan dari pertanian dari tahun ke tahun terus meningkat akan tetapi tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk antara pertumbuhan penduduk dengan pendapatan hasil pertanian tidak sebanding, makanya di indonesia belum memenuhi swasembada pangan jenis bibit kartika 1-82.

Dan Dengan Adanya peogram ini, yang diprogramkan TNI merupakan terobosan baru untuk para Gapotan tentunya untuk menambah gairah, semangat gapoktan dan menambah penghasilan cukup bagi petani hingga lebih baik kedepannya ," ucapnya. 

Petani itu pahlawan, jelas kadis lebih lanjut, petani itu mulia, dibandingkan dengan pekerjaan lain, swasemda pangan, merupakan harga mati, kwalitas beras kita harus kita jaga dengan baik ," tutup robiati. 

Usai Acara,Kadis TPH Hj Robiati dalam kesempatan yang sama melanjutkan kunjungan melihat langsung program penanaman cabe merah, sekaligus panen perdana oleh gapoktan sabak auh dengan batuan dana anggaran dari APBNP kementrian pertanian pusat. 

"Hadir dalam acara demplot, Dandim kodim 0303 Bengkalis Letkol Wachyu DH, Kadis TPH siak hj Robiati, camat sabak auh Suparni, kapolsek Iptu AG. Siregar, Danramil Pelda Nurdin, UPTD dinas pertanian, UPTD pendidikan, Gapoktan, dan undangan lainya. (rdk) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!