Lain Dari Yang Lain, Tari Zapin Ini Akan Bereaksi Di Jalan Raya


Meranti:RIAUNET.COM~Biasanya penari zapin banyak beraksi di atas panggung, tapi tidak dengan kegiatan zapin yang digelar Sanggar Bathin Galang kolaborasi denga Kemas Meranti akhir Januari 2016 mendatang. Mengusung nama kegiatan Zapin on the Street, para penari zaping akan beraksi di jalan raya,"Kata Presiden Kemas Meranti Berty Asmara didampingi Ketua Sanggar Bathin Galang Sopandi, Minggu (3/1/2016), dan kegiatan ini untuk pertama kali diadakan di Kota Sagu. 


Sebagai pelaku seni, mereka mengaku tertantang untuk meningkakan minat menari zapin di kawula muda. 

Zapin yang akan digelar tidak bersifat mononton, dimana para penari dan pemain musik berada di panggung. Tapi mereka akan menampilkan pemain dan penari di jalan, sambil mengajak masyarakat banyak untuk ikut menari. 

"Ini pertama kali kita gelar. Semoga dapat support dari banyak pihak," kata dua pria yang sering menggelar kegiatan untuk membangkitkan kesenian di Meranti ini. 

Target mereka, kegiatan ini akan digelar pada akhir Januari (minggu keempat). mereka memperkirakan kegiatan zapin jalanan itu digelar di Kolam Camat (Telaga Bening) Jalan Merdeka Selatpanjang. 

Dalam acara ini juga digelar workshop, sehingga warga yang berada di sekitaran acara bisa mengerti lebih dalam tentang zapin. 

"Saat ini kami tengah melakukan berbagai persiapan. Kita akan melibatkan beberapa sanggar yang ada di Kota Sagu. Kami ingin buktikan bahwa budaya berzapin ini tidak mati di Meranti," tutup bety. (ri)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!