Petinggi Militer Iran Sebut, Rezim Arab Saudi Akan Runtuh Dalam Beberapa Tahun Mendatang

Teheran~Petinggi militer Iran mengatakan bahwa Arab Saudi akan runtuh dalam beberapa tahun mendatang, jika terus melanjutkan kebijakan sektariannya di wilayah tersebut.

  Perseteruan Iran dan Saudi memanas sejak otoritas Saudi mengeksekusi mati ulama terkemuka Syiah, Nimr al-Nimr pada Sabtu, 2 Januari lalu. Ulama Nimr dikenal sebagai tokoh vokal penentang pemerintah Saudi, yang kerap menyerukan hak-hak yang lebih besar bagi warga minoritas Syiah di Saudi.

  "Kebijakan Saudi akan memiliki dampak domino dan mereka akan terkubur di bawah longsoran salju yang telah mereka ciptakan," seru Wakil Kepala Garda Revolusioner Iran, IRGC, Brigadir Jenderal Hossein Salami, seperti dikutip kantor berita Iran, Fars dan dilansir Reuters, Kamis (7/1/2016).

  "Jika Saudi tidak memperbaiki cara mereka, rezim mereka akan runtuh dalam tahun-tahun mendatang," kata orang nomor dua di IRGC tersebut.

  Salami pun menyamakan kebijakan Saudi dengan kebijakan Saddam Hussein, mendiang presiden Irak yang digulingkan oleh pasukan Amerika Serikat pada tahun 2003.

"Jalan yang ditempuh rezim Saudi sama seperti yang ditempuh Saddam pada tahun 1980-an dan 1990-an. Dia memulai perang dengan Iran, mengeksekusi ulama-ulama terkemuka dan pejabat-pejabat tinggi, menindas para pembelot dan akhirnya memiliki nasib sengsara itu," kata Salami.

  Saddam, seorang Sunni, digantung mati pada tahun 2006 setelah dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap kemanusiaan. Vonis itu dijatuhkan pada Saddam atas kasus pembunuhan 148 warga desa Syiah menyusul upaya pembunuhan dirinya yang gagal pada tahun 1982.

  Salami pun menyebut langkah Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran merupakan hal yang tak rasional dan penuh kebencian. Ditambahkannya, konflik di Suriah dan Irak merupakan akibat langsung kebijakan sektarian Saudi di wilayah tersebut. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!