Aktivis Minta Agar Pihak Kepolisian Memproses Dugaan Pungli Pada Penerima Sertifikat Prona

RokanHulu:Riaunet.com~Terkait dengan adanya dugaan pungli pada pengadaan sertifikat program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) yang dilakukan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Rokan Hulu-Riau. Aktivis meminta kepada polisi agar segera menangkap Kepala BPN Rohul, yang diduga ada kongkalikong dengan oknum Kepala Desa (Kades) dalam peneriman sertifikat Prona.

Aktifis Rohul, Risto Harahap di Kota Pasir Pangaraian, Rabu (24/2/2016) mengaku dirinya kecewa terkait penanganan program sertifikat prona, khususnya di Desa Lubuk Soting, Kecamatan Tambusai, sepertinya oknum aparat hukum di Rohul terkesan diam.

"Sekitar 42 warga dikabarkan harus membayar mahal antara Rp 3 juta hingga Rp 4,5 juta, namun kasus ini sudah tahunan, tapi anehnya pihak kepolisian terkesan lamban dalam menanganinya," tegas Risto. 

Hal ini juga disampaikan Tokoh Masyarakat Desa Lubuk Soting, Hengki Irawan, persoalan Prona sudah dilaporkan ke Kantor BPN Rohul dengan surat Nomor:01/FMPD-LB/1/2016 terkait pungutan penerbitan sertfikat Prona Desa Lubuk Soting diterima Pembantu Subbag TU BPN Rohul Afri Suwandi. 

"Kita juga sudah melaporkan ini melalui Forum Masyarakat Peduli Desa Lubuk Soting (FMPDLS), ke Kajari Pasir Pangaraian, pada Tanggal 20 Januari 2016 lalu, langsung diterima salah satu stafnya Maisyarah, namun saat hai ini dipertanyakan dengan pihak kejaksaan mengaku kalau kasus ini sudah ditangani pihak Polres Rohul," katanya. 
Lanjut hengki, dan hal ini sudah dikonfirmasikan dengan Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono melalaui  Kasat Reskrim nya AKP Muhammad Wirawan Novianto. Dia membenarkan ada menerima laporan terkait kasus prona.  Namun perkembangannya masih proses pengumpulan data dan pengumpulan Barang Bukti (BB). 

"Tahap lidik, masih  tahap awal pengumpulan Barang Bukti serta data," jelasnya melalui telpon, meski sebelumnya Kasat Reskrim mengaku sudah ada koordinasi dengan pihak BPN Rohul. 

"Terkait aapakah pihak Polres Rohul sudah melakukan pemanggilan terhadap kepala desa sesuai dengan laporan masyarakat, jawab Kasat Reskrim "Kalau tidak salah kemarin anggota sudah turun ke desa untuk melakukan pemeriksaan terkait," ujarnya. (Fw)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!