Harga Beras Masih Naik, Tapi Harga Ayam Mulai beranjak Turun

Jakarta~Dengan mulai turunnya harga  ayam, namun harga beras masih saja terus naik. Sedangkan harga bawang merah, bawang putih, dan cabai merah masih stabil tinggi.

  Saai ini harga ayam sudah turun dari Rp 38.000/ekor menjadi Rp 34.000/ekor pada hari ini. Penurunan sudah terjadi mulai awal pekan ini.

  "Sempat terjadi tinggi-tingginya kemarin yaitu Rp 38.000/ekor, sekarang harga ayam Rp 34.000/ekor," kata Yudi, pedagang ayam di Pasar Citayam Depok, Jumat (5/2/2016).

  Tapi harga beras masih mengalami kenaikan walaupun sedikit. Kenaikannya rata-rata Rp 100/kg untuk semua kualitas, dari kualitas rendah, medium, sampai premium.

  "Naik Rp 100/kg dalam sebulan ini," sebut salah satu pedagang beras, Nana.

  Ia mengatakan, beras ketan dan beras pera mengalami kenaikan lebih tinggi lagi. "Naiknya kalau beras ketan sampai Rp 580/kg, dan kita sampai bingung," jelas nana.

  Sementara harga cabai merah, bawang merah, dan bawang putih belum mengalami kenaikan signifikan lagi dalam sepekan terakhir, tetapi harganya masih tinggi. "Cabai hari ini Rp 20.000/kg, bawang merah Rp 25.000/kg, bawang putih Rp 28.000/kg. Masih naik turun mas," ujar salah satu pedagang, Fani.

  Untuk di ketahui, menurut Kementerian Perdagangan (Kemendag), kenaikan harga beras tidak signifikan, masih di bawah 2% dan tren harganya sudah mulai turun sejak 2 minggu lalu.

  "Kenaikannya kan masih di bawah 2%. Sekarang kecenderungannya mulai turun di 2 minggu terakhir, mudah-mudahan ke depan bisa stabil," kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Srie Agustina.

  Srie juga mengatakan, kenaikan harga cabai maupun bawang di Januari adalah hal yang wajar, sebab siklus musimnya memang demikian, produksi bawang dan cabai pada awal tahun sangat rendah. Ditambah lagi ada faktor lain seperti penyusutan di musim hujan dan sebagainya.

  "Memang waktunya harga cabai dan bawang naik. Ini Kan masalah iklim. Apalagi musim hujan, petani menunda petik, ada susut di jalan, jadi bagaimana," imbuhnya.(dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!