Berita Terkini

Jelang Pembongkaran ,PLN Mulai Putus Sambungan Listrik di Kalijodo

Minggu, Februari 28, 2016
Jakarta~Menjelang dibongkarnya kawasan lokalisasi di kalijodo, Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Bandengan Jakarta Utara melakukan pemutusan aliran listrik.

  Pantauan, Minggu (28/2/2016), puluhan petugas PLN wilayah Bandengan datang ke kawasan Kalijodo. Mereka mulai akan melakukan penertiban alat ukur dan pembatas (APP) serta pencabutan Konstruksi Watt Jam (KWH).

  "Siap APP kita amankan semua, baru pemadaman. Selanjutnya pencabutan KwH dan Mini Circuit Breaker (MCB)nya," kata Asisten Manager Transaksi Energi PLN Bandengan Akmal Fahmi di Kalijodo.

  Ia menjelaskan, hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan resmi dan ilegal maupun yang memanipulasi listrik.

  "Benar di sini ada pelanggan resmi, ada juga yang ilegal. tapi kalau sudah seperti ini kita nggak bisa ngecek lagi legal atau tidak. Yang jelas sebagian resmi pelanggan PLN. Tapi ada yang mereka bisa memanipulasi, misalnya ada listrik yang resmi ada juga yang dicantol (sambung). Jadi ada yang nyantol juga," ujarnya.

  Akmal menyebut akibat banyaknya pengguna listrik ilegal, banyak kerugian negara yang ditimbulkan. Hal itu dikarenakan kawasan Kalijodo merupakan kawasan padat dan sulit untuk melakukan pendataan.

  "Memang ada kesulitan untuk memasuki kawasan ini. karena padat, kondisinya juga crowded. Jadi ini moment ketika ada pembongkaran kita tertibkan," tandasnya. (dtk)