Jokowi Panggil Menkes ,Minta Laporan Soal Virus Zika Dan Pencegahannya

Jakarta~Menteri kesehatan, Nila Moeloek dipanggil oleh presiden untuk meminta laporan terkait virus Zika. Dan Jokowi pun akan mengadakan rapat terbatas secara khusus menyikapi isu virus Zika yang kini mendunia itu.

  "Jokowi akan meminta laporan dari Menkes melalui rapat terbatas, salah satu yang dibahas adalah soal Zika. Tentu sebelum ada kesimpulan apapun, presiden harus memperoleh laporan yang lengkap dulu, tentunya dari Kementerian Kesehatan," kata Juru Bicara Presiden Johan Budi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (3/2/2016).

  Presiden mau mendapatkan laporan lengkap dari Menkes terkait penyebaran virus Zika. Dari data itu nanti akan diputuskan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus yang menyebabkan microcephalus itu.

  "Untuk itu, segala sesuatu bukan cuma Zika, wabah apapun itu, apakah itu dalam bentuk wabah penyakit harus segera disikapi sebelum terlambat. Karena itu dengan cepat presiden memanggil Menkes hari ini. Ada langkah-langkah antisipasi, ada langkah pencegahan, ada juga langkah action, apakah itu pengobatan atau apapun namanya, kan belum terverifikasi," papar Johan.

  Memang di indonesia belum ada laporan tentang adanya warga yang tertular virus Zika. Untuk itu Presiden Jokowi ingin agar dilakukan pencegahan sedini mungkin.

  Rapat terbatas ini nanti, juga akan dibahas apakah pemerintah akan mengeluarkan travel warning bagi WNI agar tidak ke Brazil atau tidak. Seperti diketahui, sudah ribuan orang dilaporkan terinfeksi virus Zika di Brazil.

  "Tentu ini nanti kita lihat dulu, dan tidak bisa mengambil keputusan yang strategis atau serta merta tanpa mendengar, membaca data yang diperlukan dari Kemenkes dan Kemenlu," kata Johan.

  Virus Zika ini dikaitkan dengan penyusutan otak pada bayi yang belum lahir ,sehingga menyebabkan kerusakan parah pada otak atau kematian. Virus ini telah menyebar ke lebih 20 negara, dan menimbulkan kepanikan di Brasil, tempat dimana ribuan orang terinfeksi Zika.

  Zika ditemukan pada monyet-monyet di Hutan Zika, Uganda, pada 1947. Kasus pertama yang dialami manusia terjadi di Nigeria pada 1954, namun tidak menimbukan ancaman besar terhadap manusia dan diabaikan oleh komunitas ilmuwan.

  "Dan WHO sendiri sudah menyatakan keadaan darurat terhadap virus Zika tersebut. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!