Berita Terkini

Makam Putri Mayang Ini Adalah Sejarah Anak Raja Gasib yang Harus Terpelihara

Rabu, Februari 10, 2016
SIAK:Riaunet.com~Makam Putri Kaca Mayang ini adalah makan sejarah dari anak raja gasib, yang saat ini masih terpelihara dengan baik oleh pemerintah kabupaten siak. Masyarakat percaya bahwa Putri kaca mayang itu adalah anak raja Gasib terdahulu.

  Mungkin semua belum mengetahui kalau disini ada makam sejarah anak raja gasib terdahulu. Selain itu mungkin karna letaknya yang jauh dan berada di lokasi Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan milik PT Kimia Tirta Utama (KTU) di kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak-Riau.

  Hal ini di sampaikan Penghulu Kampung adat Kuala Gasib, Basri Hasan saat berbincang kepada Riaunet Rabu (10/2/2016) di kuala gasib.

  Ia mengakui kalau akses jalan menuju makam itu masih terkendala ijin dengan perusahaan selaku pemegang HGU yakni sepanjang tiga kilometer, padahal kami dari pihak kampung (Desa) melalui pemkab siak siap membuka akses jalan tersebut apabila ada ijin dari perusahaan secara tertulis.

  "Masyarakat disini juga telah menghibahkan tanah nya untuk di buat jalan menuju ke makam tersebut dan sudah di semenisasi melalui dana Pokmas ,namun itu hanya satu kilometer ,karna selebihnya tiga kilometer lagi menuju sampai makam itu sudah milik HGU perusahaan ,"kata Basri Hasan.

  Basri berharap, agar pihak perusahaan mau memberikan ijin untuk pembangunan jalan menuju makam Putri kaca mayang, karna itu makam sejarah masyarakat gasib.

  "Nantinya juga kalau jalannya sudah bagus ,itu kan bisa menjadi objek wisata sejarah ,dan bisa dikenal keseluruh nusantara,"imbuhnya (rdk)