Pembangunan Irigasi Di Rohul Masih Terkendala Oleh Pembebasan Lahan

RokanHulu:Riaunet.com~Pemerintah Daerah Rokan Hulu (Pemda-Rohul) kembali mendapatkan kucuran dana dari APBN ,yakni rehap dan peningkatan pembangunan irigasi Okak Samo dan Kaiti (Osaka) untuk petani sawah di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu-Riau, namun masih terkendala dalam pembebasan lahan. 

“Masih terkendala pembebasan lahan dari masyarakat untuk pembangunan jaringan irigasi Osaka tersebut,” jelas Pelaksana Kegiatan PT. Waskita Karya, Dodi, Minggu (28/2/2016) di Pasir Pengaraian. 

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai mengerjakan proyek yang didanai oleh APBN tahun 2015 itu. Hanya saja saat ini masih tahap persiapan, seperti membuat tempat mes karyawan, tempat untuk peralatan pengerjaan proyek irigasi, serta persiapan-persiapan lainnya. 

Pembangunan irigasi Osaka ini nantinya bermanfaat untuk memaksimalkan sektor pertanian di Desa Karya Mulya dan Pasir Makmur kecamatan Rambah Samo yang menjadi salah satu lumbung beras di Kabupaten Rokan Hulu," kata Dodi. 

“Nantinya ,lanjut dodi, apabila pembangunan Irigasi ini selesai, dapat mengaliri 640 hentar lahan sawah di Desa Karya Mulya dan Pasir Makmur. 

Proyek pembangunan Irigasi Osaka ini memang didanai oleh APBN tahun 2015, namun untuk pembebasan lahan dilakukan sereng budget dengan Pemda Rohul melalui Dinas Bina Marga Pengairan. 

Setelah di kaji, total lahan masyarakat yang harus di bebaskan dalam pembangunan Irigasi Osaka ini sekitar 20 hektar. Untuk itu, dirinya berharap kepada masyarakat untuk ikut serta dalam mensukseskan program ketahanan pangan yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi)," ujarnya. 

“Mari bersama-sama kita dalam mensukseskan pembangunan jaringan irigasi Osaka ini, kita targetkan pembangunannya akan selesai pada 2018 mendatang,” tutup Dodi (Fw)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!