Petani Menjerit, Harga Getah Karet Hanya 4000/kg

RokanHulu:Riaunet.com~Petani karet di Kabupaten Rokan Hulu-Riau semakin resah, karena harga karet saat ini hanya Rp 4.000/kg,  tapi anehnya pemerintah hingga kini belum ada memberikan solusi dan seolah-olah terdiam. 

Hal ini di sampaikan Tokoh Masyarakat Rambah, Lahuddin Lubis, di Kota Pasir Pangaraian, Senin (29/2/2016), untuk penjualan getah karet saat ini turun Rp 1 ribu/kg dari harga sebelumnya. Ini sudah membuat ekonomi masyarakat semakin semraut. 

"Saat pekan lalu kami masih bisa menjual getah karet sehrga Rp 5 ribu/kg, tapi saat ini hanya 4 rb/kg nya, jadi kami mau makan apalagi ini pak, apakah pemerintah ini tidak mau memperhatikan nasib kami," kata lahuddin lubis.

Dirinya meminta kepada Bupati Rohul Achmad tidak usah banyak berfikir macam-macam, tolonglah ekonomi masyarakat ini, khususnya petani karet, kemarin katanya akan mencarikan solusi jika harga karet anjlok, namun faktanya tak ada sama sekali. 

"Apakah Pak Achmad biarkan kami petani karet ini kelaparan, sebab jika dilihat dari hasil penjualannya, tidak sebanding lagi dengan bahan yang akan dibeli seperti beras, minyak goreng dan lainnya," ujarnya. 

Hal senada juga di sampaikan ,Imam warga Desa Menaming Kecamatan Rambah, Ia mengaku sudah memberhentikan anaknya sekolah karena tidak sanggup lagi untuk mendanainya, katanya pendidikan gratis ,tapi bayar juga. 

"Jadi gak sangguplah kami hanya punya kebun karet, kerja bangunan tak ada, terpaksa anak kita berhentikan dulu pak," kata Imam.

Saat dikonfirmasi dengan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Kadiskoperindag) Rohul, Tengku Rafli Armen mengakui, penyebab harga getah anjlok tersebut karena dipengaruhi dan faktornya harga karet dunia. 

Untuk solusinya dari Pemkab Rohul, Rafli Armen mengatakan, kemarin sudah disampaikan agar petani memperbaki mutu dari produksi mereka. 

"Harus solusi gimana lagi, memang sudah begitu harga karet di pasar dunia," ujar Rafli. ( Fw) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!