Ribuan Rumah Warga Di Rohul Terendam Banjir

RokanHulu:Riaunet.com~Ribuan rumah di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) pada Senin (8/2/2016) telah digenangi air akibat hujan yang terus mengguyur sejak hari Minggu kemaren, sehingga Sungai Batang Lubuh meluap dan merendam ribuan rumah penduduk.

Genangan air ini diperkirakan sejak pukul 06.00 Wib, ketinggian air telah mencapai antara 50 cm sampai 100 cm, akibatnya akses dari Dusun Nogori menuju Tulang Gaja terputus total, warga terlihat sudah mengemasi barang-barangnya untuk mengungsi, karena air terus naik.

Saat ini desa yang masih tergenang air yaitu, di Kecamatan Rambah yakni Desa Pematangan Berangan, Babussalam, Rambah Tengah Utara (RTU) dan lainnya, bahkan jalan poros, Jalan Tuanku Tambusai air pun sudah mulai naik lagi, 

Pantau di lapangan, puluhan dari Satuan Lantas Polres Rohul dan beberapa anggota TNI, ikut berja-jaga untuk mengamanan pemukiman warga yang kondisi banjirnya masih terus naik.

Warga yang terkena Banjir Iwan (45), mengaku hingga kini belum ada bantuan apapun dari pihak pemerintah, hanya beberapa anggota Polisi saja dan TNI yang masih berpatroli.

"Belum ada bantuan apapun pak, nampak-nampaknya air terus naik pak, kalau bisa di beri bantuan, soalnya bajir sudah berjam-jam, kami tak bisa bekerja pak," kata Iwan.

Di tempat lain, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohulu Aceng Herdiana membenarkan peristiwa tersebut, kini puluhan anggota Satuan Reaksi Cepat (SRC) sudah berada di lapangan untuk melakukan evakusi.

"Puluhan anggota kita sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi, untuk saat ini kita memastikan belum ada korban jiwa akibat banjir tersebut," ujar aceng.

Saat ditanya, berapa rumah penduduk yang menjadi korban banjir, Aceng Herdiana menjawab saat ini tim SRC tengah melakukan pendataan, nanti akan dilaporkan pada pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rohul.

"Kita sudah siaga di lapangan, selain tim SRC ini dibantu juga oleh TNI dan Polri, kita berharap supaya jangan ada korban jiwa dari peristiwa ini," tandasnya.

"Terlihat di Dusun Nogori, Desa Bnabusssalam, Kecamatan Rambah, Rumah Pribadi Bupati Rohul Achmad, juga sudah ikut digenangi air banjir, sebab rumah pejabat ini tepat berada dibibir Sungai Batang Lubuh. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!