Bea Dan Cukai Kabupaten Bengkalis Musnahkan 8 Ton Bawang Merah Ilegal

Bengkalis:Riaunet.com~Dalam upaya pencegahan peredaran barang ilegal yang masuk melalui perairan Bengkalis salah satunya adalah bawang merah yang berasal dari negara tetangga yakni malaysia. Pada tanggal 27 Februari 2016 sekitar pukul 20.00 WIB Tim Kapal Patroli Bea dan Cukai Kabupaten Bengkalis yang berhasil menangkap kapal KM Terubuk 1 GT 6 dengan bermuatan 8 Ton bawang merah di perairan Bantan Tengah Kecamatan Bantan dengan tujuan sungai jangkang Bengkalis.

  Petugas Bea cukai bengkalis,Rudi Agung mengtakan, Ketika diperiksa muatan bawang merah yang di selundupkan oleh kapal KM.Terubuk 1 tersebut ,ternyata tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah,sebagaimana dimaksud dalam pasal 102 huruf (a) UU nomor 17 tahun 2006 tentang perubahan atas UU nomor 10 tahu  1995 tentang kepabeanan.

  "Pelanggarannya yaitu, Bahwa perbuatan penyelundupan mengangkut barang impor tanpa dilindungi oleh manifes tersebut merupakan pelanggaran tindak pidana kepabeanan," kata Rudi.

  Disamping itu juga, lanjut rudi, bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian nomor 43/permentan/OT.140/6/2012 bawang merah tersebut merupakan bagian dari tumbuhan berupa umbi lapis, pemasukannya diatur dalam tindakan karantina tumbuhan wajib yang dilengkapi sertifikat Kesehatan Tumbuhan dari negara asal dan negara transit karena dapat dijadikan media pembawa bagi organisme pengganggu tumbuhan di Indonesia.

  Penangkapan kapal KM.Terubuk 1 GT 6 dan muatannya saat ini telah diamankan dikantor pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Tipe Pratama Bengkalis untuk dilakukan proses penanganan lebih lanjut ,"ujar Rudi.

  Dikarenakan bawang merah merupakan barang yang mudah dan cepat membusuk, sambung Rudi, selama menunggu proses penanganan perkaranya dan agar tidak berdampak negatif pada kesehatan lingkungan sekitar,maka dilakukan pemusnahan terhadap bawang merah hasil tangkapan ini dengan cara dibakar.

  "Pelaksanaan pembakaran ini disaksikan oleh perwakilan dari kejari,Kapolres yang diwakili kasat Reskrim,perwakilan Kodim 0303,kepala Bea dan Cukai bengkalis,serta beberapa instansi terkait,dan tersangka yang merupakan tekong kapal KM.Terubuk 1dengan pengawalan ketat, pemusnahan 8 Ton bawang merah tersebut dilakukan pada hari ini Rabu,16/03/2016 sekitar pukul 10.00 Wib yang berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalan Bantan Kecamatan Bengkalis.(***)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!