Bupati Amril Akan Mengikuti Rakor Restorasi Gambut Di Jakarta

Bengkalis:Riaunet.com~Bupati Bengkalis Amril Mukminin, rencananya Senin 14/3/2016 mendatang, dijadwalkan akan mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Restorasi Gambut dan Pencegahan Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) di Jakarta. 

Rakor tersebut ditaja oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Jakarta. Amril nantinya akan didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan, H Herman Mahmud, Kepala Badan Lingkungan Hidup ,H Arman AA serta Kapala Dinas Pekerjaan Umum ,HM Nasir. 

Bupati Amril membenarkan, sesuai undangan dari MenLHK  No. UN. 26/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2016 tertanggal 8 Maret 2016 yang ditandatangani MenLHK Siti Nurbaya Bakar, rakor tersebut ditaja dalam rangka untuk mendukung Badan Restorasi Gambut (BRG). 

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2016, saat ini telah terbentuk BRG. Tugas Badan yang kepalai Nazir Foead ini adalah mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi gambut pada Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat,  Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua. Adapun target pemulihan gambut oleh BRG itu seluas 2 juta hektar selama 5 tahun (2015-2020) ,"kata Amril ,jumat (11/3/2016).

“Menurutnya, Karena restorasi BRG tersebut termasuk Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis ,yang memiliki lahan gambut yang juga perlu direstorasi akibat Karhutla, makanya kita turut diundang dalam Rakor tersebut.

Amril sangat menyambut baik pembentukan BRG. Dia berharap Badan tersebut dapat menghentikan kebakaran yang terjadi di lahan gambut, tidak terkecuali di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. 
Sebab kalau mengharapkan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Bengkalis, baik itu sumber daya manusia maupun dana, restorasi lahan gambut di daerah ini akan sulit dilakukan. 

kita mendukung penuh langkah-langkah yang dibuat pemerintah pusat dalam penanganan gambut, termasuk pembentukan BRG. 

"Keberadaan BRG ini kita harapkan juga mampu mengembalikan fungsi lahan gambut di daerah kita sebagaimana mestinya," tutupnya. (rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!