Ketua LAMR Rohul : Hulu Balang Bukan Pagar Pejabat Tertentu

RokanHulu:Riaunet.com~Hulu balang adalah pagar nogori bukan pagar pejabat. Demikian stetmen ketua LAMR kabupaten Rokan Hulu, T.Raflie Armien s.sos, yang menolak tegas terhadap pernyataan dan persepsi tentang hulu balang pagar pejabat.

   Diakuinya, persepsi ini sudah beredar lama, hingga dirinya pun selaku ketua LAMR rokan hulu mulai terusik dengan sebutan tersebut," kata ketua LAMR ,T.Raflie Armin ,selasa (1/3/2016).

  Ia menegaskan, Perlakuan sejumlah orang terhadap pengurus dan anggota hulu balang kabupaten rokan hulu akhir-akhir ini mulai tak wajar. Sebagian
kelompok orang tertentu hanya memandang sebelah mata terhadap hulu balang, hingga menjadikannya sebagai pagar pejabat (body guard) yang bisa disuruh atau dipanggil untuk melindungi pejabat tertentu.

   "Informasi ini bukan sekedar issu lagi. ketua LAMR Rohul, T.Rafli Armien yang mendengar ungkapan tersebut merasa terusik,"tegasnya.

   Armien menjelaskan, Sebagai ketua lembaga adat melayu riau kabupaten rokan hulu, tak benar bila
memperlakukan hulu balang bagaikan body guard atau pagar pejabat.

  Menurutnya, tindakan ini adalah tindakan yang salah. sebab sejak zaman kerajaan dulu, hulu balang bertugas untuk menjaga keamanan wilayah kerajaan dengan aturan adat yang berlaku. Maka dizaman sekarang ini, kehadiran hulu balang bagaikan polisi adat yang melindungi keamanan
daerah sesuai dengan aturan adat yang berlaku didaerah ini," tandasnya.

  "Kehadiran hulu balang dikabupaten rokan hulu diharapkan dapat
memberikan rasa nyaman bagi masyarakat kabupaten rokan hulu, terutama dalam menjalankan kehidupan beradat dan berbudaya melayu rokan hulu ,"harap Armien. (Na)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!