[OPINI] PERAN PEMUDA UNTUK MEMBANGUN NEGERI

Penulis : Gatot Siswondo. Minggu (6/3/2016) 


SIAK:Riaunet.com~Peran pemuda kini menjadi tolak ukur untuk membangun sebuah negeri demi kemajuan yang lebih baik, sejarah juga mengajarkan demikian bahwa begitu pentingnya peran pemuda untuk hal membangun. 

Siak adalah salah satu kabupaten yang berpotensi besar di Riau. Ini dilihat dari hasil sumber daya Alam maupun sumber daya Manusia yang melimpah ,baik dari sektor pertanian, perkebunan ,MIGAS ,dan sumber daya Alam lainnya. Bicara tentang pemuda dan kabupaten siak dengan segala potensinya ,sekarang kita sebagai pemuda pelopor perubahan dimanapun berada. Peran pemuda adalah penentu sejarah perjalanan suatu bangsa. 
Sejarah indonesia telah membuktikan peran pemuda tersebut, namun kita tidak bisa selalu melihat kebelakang karena jalan yang akan di lalui ada di depan mata. 

Pertanyaannya sekarang adalah, apa dan bagaimana kontribusi kita sebagai pemuda untuk masa depan indonesia khususnya di Kota Istana Siak Sri Indrapura kedepannya. 

"Saat ini sebagian pemuda indonesia khususnya pemuda Kota Istana Siak Sri Indrapura terjebak dalam romantisme historis kegemilangan peran pemuda dalam sejarah bangsa. Peristiwa atau momen bersejarah yang melibatkan peran pemuda di dalamnya diperingati dan dijadikan bahan pembicaraan tanpa harus melakukan apa-apa. 

Sementara itu ,sebagian pemuda lainya terjebak dalam kenikmatan surga dunia, seperti Kemewahan, kesenangan, apatisme, pesta hura-hura menjadi keseharian mereka tanpa pernah peduli dengan kondisi bangsa. 

Pada saat ini ketika alam demokrasi dan ruang kebebasan telah terbuka maka peran pemuda akan berbeda dari sebelumnya. Peran untuk mengawasi, mengkritisi penguasa dan memperhatikan rakyat jelata tetap harus di jalankan. Disisi lain, peran untuk masuk dalam kekuasaan dan menjadi penentu kebijakan jangan ditinggalkan. 

Sudah saatnya pemuda berperan dalam proses pengambilan kebijakan yang akan menentukan hitam putihnya sejarah bangsa ini khususnya diKabupaten siak. 

"Apapun dan bagaimanapun kontribusi pemuda dibutuhkan oleh bangsa ini. Kita tidak bisa menilai bahwa yang duduk dalam kekuasaan memiliki kontribusi yang lebih besar daripada mereka yang aktif untuk memberdayakan masyarakat. 

Jabatan atau kedudukan bukanlah tujuan. Ia hanyalah sarana untuk mencapai tujuan. Orang baik adalah orang yang paling banyak memberikan manfaat kepada orang lain, semoga kita menjadi salah satunya. 

Untuk itu dalam suatu pergerakan pemuda perlu adanya wadah sebagai sarana berhimpun dalam menuangkan ide atau kretifitas pemuda kabupaten Siak-Riau. 

"Dari beberapa polemik atau permasalahan yang terjadi di kabupaten Siak. Perhimpunan Pemuda Riau (PPR)Kabupaten Siak hadir mengajak seluruh elemen pemuda dan mahasiswa/i untuk ikut andil dalam fungsi sosial pemuda sebagai pilar bangsa. (rdk) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!