Polisi Akan Usut Zaskia Gotik Yang Diduga Menghina Lambang Negara

Jakarta~Jajaran Tim Subdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Jaya mengusut dugaan penghinaan terhadap lambang negara yang telah dilakukan oleh artis Zaskia Gotik. Polisi telah membuat laporan model A untuk menyelidiki kasus tersebut. 

Kanit I Subdit Cybercrime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol Nico Setiawan mengatakan, pihaknya menemukan adanya dugaan tindak pidana tersebut pada saat melakukan cyber patrol. 

"Subdit Cybercrime, setelah patroli cyber kita lihat, membaca ada keluhan masyarakat dari salah satu artis yang menghina terkait sila kelima Pancasila. Maka kita buat laporan informasi dan kita tindaklanjuti," kata Nico kepada wartawan di SPKT Polda Metro Jaya usai membuat laporan, Kamis (17/3/2016). 

Zaskia Gotik diduga telah melanggar UU No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan. 

"Akan kami selidiki terlebih dahulu apakah memenuhi unsur pidana atau tidaknya," ujar Nico.

Kita juga akan meminta keterangan saksi dari Ketua Umum LSM Komunitas Pengawas Korupsi (KPK), Muhammad Firdaus yang juga melaporkan Zaskia Gotik ke Polda Metro Jaya. 

"Yang dibuat laporan kita sendiri (model-A). Untuk LSM, keberadaan mereka nanti kita minta keterangan saksi dan bukti," kata Nico. 

Adanya dugaan pelecehan terhadap lambang negara itu terjadi dalam sebuah program di salah satu stasiun televisi swasta Selasa (16/3) kemaren. Saat itu kegiatan diisi games di mana sejumlah artis, termasuk di dalamnya ada Zaskia Gotik, diminta menjawab pertanyaan seputar kebangsaan. 

Zaskia ditanya tanggal berapa Hari Kemerdekaan RI, yang seharusnya dijawab tangal 17 Agustus, namun malah dijawab tanggal 32 Agustus. 

Ssementara dalam kalender sendiri tidak ada penanggalan sampai tanggal 32. 

Tidak hanya itu, Zaskia juga diduga melecehkan lambang negara ketika ditanya lambang sila ke-5 Pancasila. Simbol sila ke-5 Pancasila adalah padi dan kapas namun dijawab Zaskia 'bebek nungging'. 

Zaskia sendiri sudah meminta maaf terkait ucapannya di TV tersebut. 

"Saya cuma manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf. Saya minta maaf dari lubuk hati yang paling dalam untuk masyarakat dan negara," ucapnya. 

Dia (Zaskia) yang menunjukkan wajah penyesalan mengatakan, bahwa dia khilaf karena sedang berada dalam situasi penuh canda. 

"Neng tidak ada niat sama sekali untuk menghina," jelas Zaskia yang ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!