Polri,TNI,BPBD Dan Anggota DPRD Rohul Tinjau Rumah Warga Korban Angin Puting Beliung

RokanHulu:Riaunet.com~Wakapolres Rohul, Kompol Indra Setiawan dan Danramil 02 Rambah, Kapten Arm Alza Septendi bersama Anggota DPRD Rohul H. Sadi serta Anggota BPBD Rohul tinjau ke Tempat terjadinya Angin Puting Beliung, di Desa Lubuk Napal, Kecamatan Rambahsamo, Kamis, (24/3/2016). 

Anggota TNI dan Polri terlihat bergotong-royong bersama masyarakat memperbaiki rumah rusak yang telah diporak-porandakan angin puting beliung. Hadir juga Kasat Lantas Polres Rohul AKP Amru Hutauruk ikut membersihkan bagian-bagian rumah yang hancur. 

Bukan itu saja, terlihat masyarakat pun memasak di depan halaman rumah sebab rumah mereka telh roboh di terjang angin puting beliung pada Rabu (23/3) sekitar pukul 21.00 wib (malam). 

Wakapolres Rohul menjelaskan, kehadiaran kami di lokasi untuk membantu masyarakat korban akibat peristiwa ini. Anggota diikutkan gotong-royong untuk membantu masyarakat. 

“Masyarakat dihimbau supaya menjaga keselamatan, itu harus diperhatikan, sebab rumah yang dibangun dari kayu itu mudah roboh, harus segera mencari perlindungan, jika terjadi peristiwa susulan, jadi kita minta supaya saling mengingatkan,” kata Wakapolres Rohul.

Anggota DPRD Rohul dari Partai Persatuan Pembangunan, H. Sadi meminta supaya pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul agar lebih proaktif lagi. Ia mengaku kini rumah warga banyak yang hancur, otomatis banyak membutuhkan bantuan, kini ada tujuh rumah yang rusak berat. 

“Alhamdulillah, warga yang mengalami korban jiwa tidak ada, hanya rumahnya saja yang rusak, namun kita akui hingga pagi ini belum ada bantuan apapun, hanya bantuan saya pribadi saja yang baru diterima warga, ” ujarnya.

Hal ini juga disampaikan Danramil 02 Rambah, pihaknya menurunkan sebanyak 13 orang personilnya, kedatangan dirinya bersama anggotanya untuk mendata dan membantu warga yang terkena korban bencana. 

“Kepada masyarakat agar selalu tetap waspada andai terjadi angin puting beliung susulan. Syukurlah setahu kita hingga kini belum ada korban jiwa, meskipun yang namanya musibah tak bisa kita dihindari, sebab ini dampak alam,” katanya. 

Sekdes Lubuk Napal, Firdaus, membenarkan tentang peristiwa itu, diperkirakan lebih dari puluhan unit rumah hancur porak-poranda, termasuk tanam-tanaman. 

“Apalagi rumah orang tua saya yang paling parah, kini tak bisa di tempat lagi, semunya hancur, dan saat ini kita masih melakukan pendataan,” imbuhnya.

Masyarakat kebingungan dengan peristiwa ini, apalagi listrik PLN mati, makanya masyarakat sangat ketakutan. 

“Masyarakat takut pak, listrik mati, makanya masyarakat banyak yang trauma,” tambah sekdes.

"Data sementara dari BPBD Rohul, rumah warga yang terkena bencana angin puting beliung diperkirakan sekitar 40 rumah, tapi pihaknya masih terus melakukan penyisiran dan pendataan lagi. (Fah)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!