Rencananya Pemerintah Akan Simpan Cadangan BBM di Luar Negeri

Jakarta~Pemerintah rencananya ingin menyiapkan cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) di luar negeri. Cadangan tersebut nantinya akan dipergunakan dalam keadaan darurat karena tempat penyimpanan di dalam negeri masih terbatas. 

"Presiden berbagai kesempatan ingatkan untuk bangun strategic petroleum reserves. Disimpan dan sewaktu dipakai untuk darurat," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said di Jakarta, Kamis (24/3/2016). 

Rencananya ini akan dimulai dengan pembicaraan antara Pemerintah Indonesia dengan para produsen minyak, khususnya yang sudah tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC). 
Misalnya, terkait mekanisme pembelian, permintaan untuk di bawa ke dalam negeri hingga keamanan area tempat penyimpanan. 

"Kita akan dialog dengan produsen dan minta terms and conditions yang fleksibel. Kalau ada uang, beli dan titip di mana kita beli. Mungkin waktu 2-3 tahun ke depan sampai terpupuk cadangan 15 hari," katanya.

Kemungkinan pemerintah akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia mengakui sudah mendapatkan sinyal penggunaan APBN dan bisa dilihat saat mekanisme perubahan APBN 2016. 

Selain itu, Pemerintah akan dibantu oleh dana dari PT Pertamina (Persero) namun bantuan itu disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan. 

"Dari APBN-P akan dialokasikan berapapun kecilnya. Budget akan dibuka bersama memupuk dana ketahanan energi. Sebagian untuk membangun cadangan strategis dan didukung Pertamina," terang Sudirman.

"Nantinya keberhasilan ini sekaligus membuktikan kemampuan anak negeri dalam pemanfaatan kecanggihan teknologi serta ketepatan model Geosains dan Reservoir yang telah disusun secara akurat. Ini sangat di andalkan untuk membantu mengatasi kekurangan kebutuhan energi listrik di wilayah Bengkulu dan sekitarnya," tutupnya. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!