SMAN 1 Sungai Apit Gelar "English Student Community"

SIAK:Riaunet.com~Kapala Dinas (Kadis) Pendidikan dan kebudayaan kabupaten siak H Kadri yafis ,melalui Kasi Kurikulum SMA Endi Mirza,spd. Membuka "English Student Community" perlombaan Story Telling, toefl, rangking I, Speech contest, acoustic, dengan empat kecamatan, yakni kecamatan Sungai Apit, Pusako, Sabak Auh dan Bungaraya yang berlangsung Gedung SMAN 1 Sungai Apit. Dalam rangka memperingati hari kehutanan sedunia ,sabtu (26/3/2016). 

Hadir dalam acara tersebut, Kasi Kurikulum SMA kabupaten siak Endi Mirza, SPd, Sekcam Sungai Apit H Walmala, kepala sekolah SMAN 1 Sungai apit Masdar SPd MM, Kepala sekolah SMKN 1 Sungai apit Andi, kepala sekolah SMPN 1 sungai apit Daud Ade SPd, MPd, dan kepala sekolah lainnya yang mewakili para peserta lomba dari 4 kecamatan.

Kadis P & K kabupaten siak melalui Kasi kurikulim SMA, Endi Mirza, SPd, mengatakan ,sangat mendukung dan memberi aprisiasi kepada kepala sekolah SMAN 1 sungai apit, yang ikut menyukseskan ajang "English Student Community ini.

Dengan ajang seperti ini, sekolah bisa memberdayakan siswanya untuk berbahasa inggris ,karna di era globalisasi saat sekarang ini bahasa inggris adalah bahasa pengantar. Mau tidak mau kita harus bisa berbahasa inggris, dan kita harus bisa bersaing dengan negara negara lain. Apalagi sekarang kita menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),"kata Endi Mirza.

"Di era seperti saat ini, akan semakin banyak perkembangan yang terjadi. Mulai dari perdagangan bebas, semakin banyaknya berdiri perusahaan-perusahaan asing di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasonal seperti bahasa inggris sudah sangat diperlukan, tentunya untuk para calon entrepreneur dan pencari kerja sudah menjadi suatu keharusan untuk bisa menguasai bahasa inggris agar bisa mengikuti perkembangan jaman di era globalisasi ini,"tambahnya.

Ia menghimbau kepada seluruh sekolah agar melihat bagaimana kedepan siswa-siswi nya menjadi generasi yang bisa bersaing baik secara nasional maupun internasional. dan kegiatan ini adalah salah satu pendukung, untuk bisa mengembangkan kreatifitasnya serta bisa bersaing dengan negara lain ,"imbuhnya. 

Selain itu ,Kepala sekolah SMAN 1 Sungai Apit, Masdar SPd, MM, mengatakan, untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sekolah SMAN1 Sungai apit membuat program kegiatan untuk membuat murid agar bisa mengembangkan kreatifitasnya melalui "English Student Community" perlombaan Story Telling, toefl, rangking I, Speech contest, acoustic.

"Perlombakan Story Telling, toefl, rangking I, Speech contest, acoustic ini bertujuan agar siswa termotifasi untuk mengembangkan bakat dan kreatifnya untuk mendalami bahasa inggris. Karna bahasa inggris ini merupakan bahasa pengantar di seluruh dunia, oleh sebab itu sejak sekarang kita harus mempersiapkan diri untuk mengahadapi era globalisasi, seperti Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ," kata Masdar.

Dalam era globalisasi menuntut agar setiap individu mempersiapkan sumber dayanya yang handal terutama di bidang komunikasi. Dalam hal ini peranan bahasa Inggris sangat diperlukan baik dalam menguasai teknologi komunikasi maupun dalam berinteraksi secara langsung ,"tambahnya. 

Bahasa Inggris sejatinya adalah bekal utama yang wajib dikuasai oleh masyakarat Indonesia guna menghadapi persaingan borderless world. Untuk menghadapi MEA dan kolaborasi internasional, dengan penerapan sistem pendidikan bahasa Inggris-Indonesia merupakan cara yang efektif untuk melatih siswa agar mampu menggunakan bahasa Inggris dengan cakap namun tidak meniadakan bahasa Ibu (Indonesia) ," ujar Masdar. 

Menurutnya seharusnya kita belajar dari negara Malaysia dan Filipina. Di Malaysia yang penduduknya terdiri dari etnis Melayu, Cina dan India pun bisa berbahasa ibu dan bahasa Inggris. Di Malaysia bahasa Inggris sudah menjadi bahasa kedua setelah Melayu karena kebijkan yang dibuat oleh pedana menterinya 

"Untuk itu di era globalisasi sekarang ini kita di wajibkan harus bisa berhasa inggris, agar kita tidak ketinggalan seperti negera lainnya. Tutup Masdar. (ra)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!