Wabup Siak Beri Arahan Tentang Wakaf

SIAK:Riaunet.com~Wakaf, menurut hukum Islam dapat juga berarti menyerahkan suatu hak milik yang tahan lama zatnya kepada seseorang atau nadzir (penjaga wakaf) baik berupa perorangan maupun berupa badan pengelola dengan ketentuan bahwa hasil atau manfaatnya digunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan syari’at Islam. 
  
"Wakaf adalah berdasarkan ketentuan agama dengan tujuan taqarrub kepada Allah SWT untuk mendapatkan kebaikan dan ridha-Nya. Mewakafkan harta benda jauh lebih utama dan lebih besar pahalanya daripada bersedekah biasa, karena sifatnya kekal dan manfaatnya pun lebih besar. Pahalanya akan terus mengalir kepada wakifnya meskipun dia telah meninggal.

Rukun wakaf ada empat, yaitu Wakif (orang yang berwakaf), Mauquf ‘alaih (orang yang menerima wakaf), Mauquf (harta yang diwakafkan), Sighat (pernyataan wakif sebagai suatu kehendak untuk mewakafkan harta bendanya).

Hal ini yang disampaikan Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi ,yang juga selku Ketua BWI (Badan Wakaf Indonesia) Kabupaten Siak ketika memberikan arahan nya Di Musholla As Somad samping Kantor Bupati Siak Dalam mengikuti pengajian Rutin, Jumat (4/3/2016), dengan di hadiri oleh Bupati Siak yang mana dalam hal ini selaku Pembina BWI serta pejabat Eselon II, III dan IV beserta staf.

Alfedri menjelaskan, Banyak nya Tanah wakaf yang ada di Kabupaten siak ini belum terdata. oleh sebab itu dengan adanya peraturan dari Pemerintah serta aturan agama islam yang telah di jelaskan terhadap Tanah yang diwakafkan ini,nanti nya juga akan disosialisasikan.karna ini juga sangat berguna bagi kita semua,"jelas Alfedri.

Selain itu dijelaskan juga, akan mengupayakan Tanah wakaf ini, telah dihitung minimal 30 persen yang bisa untuk di produktifkan.Apa lagi kita belum mengoptimalkan terhadap pengelolaan tanah wakaf.

"Setelah di produktifkan nanti nilai manfaat nya akan di gunakan untuk kegiatan-kegiatan islam,pendidikan islam,untuk membantu anak anak yatim,panti asuhan serta memberikan kredit tanpa anggunan secara syariah,"ujar Alfedri. (rdk/rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!