Amril: Program KB Bukan Untuk Membatasi Kelahiran

Bengkalis:Riaunet.com~Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, Keluarga Berencana (KB) merupakan upaya peningkatkan kepedulian masyarakat dalam mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera. KB bertujuan membentuk keluarga kecil sesuai kekuatan sosial ekonomi dengan cara pengaturan kelahiran anak, agar diperoleh suatu keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Program KB bukan untuk membatasi kelahiran. Tapi mengatur jumlah kelahiran, agar bisa mencapai kesejahteraan dalam hidupnya. Karena itulah pemerintah perlu mengintervensinya pengaturan kelahiran tersebut dengan tidak mengurangi hak-hak seseorang," kata Amril. 

Hal ini disampaian Amril saat mencanangkan Kampung KB tingkat Kabupaten Bengkalis di Desa Resam Lapis, Kecamatan Bantan, Selasa (12/4/2016). 

Acara tersebut diawali dengan pemukulan gong, pembukaan selubung tugu dan penandatangan prasasti Kampung KB Resam Lapis. 

Lanjut Amril ,banyak manfaat jika sebuah keluarga tersebut ikut KB. KB juga berperan dalam peningkatan indeks pembangunan manusia. Dari sisi kesehatan KB juga ikut menurunkan angka kematian ibu, karena setiap ibu melahirkan berisiko kematian. 

Selain itu KB juga akan menekan risiko kematian bayi sebelum umur satu tahun per 1000 kelahiran. Dengan ber-KB maka perhatian keluarga terhadap gizi anak juga akan terpantau,"ujar Amril.

Sedangkan dari sisi pendidikan, program KB akan mempengaruhi kecerdasan anak dan meningkatkan partisipasi sekolah, karena perekonomian keluarga lebih mencukupi untuk anak yang hanya dua dari pada lebih dari dua. 

"Sementara jumlah anak yang sedikit akan mempunyai peluang lebih besar untuk dapat menikmati pendidikan yang lebih tinggi. Lebih-lebih di saat seperti sekarang ini," kata Amril.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati H Muhammad, Ketua DPRD H Heru Wahyudi dan Sekretaris Daerah H Burhanuddin Nazar, selain hadir dalam pencanangan Kampung KB Resam Lapis itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Riau H Yenrizal Makmur. 

"H.Yenrizal Makmur yang baru pertama kali melakukan kunjungan kerja ke kabupaten/kota di Riau pasca dilantik sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Kamis (7/4/2016) lalu, dan sekalian menyerahkan buku, yakni Menjadi Orang Tua Hebat dalam Mengasuh Anak (0-6 Tahun) kepada Amril. (rdk/rls) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!