Bupati Bengkalis Ambil Sumpah Kepala Disdukcapil

Bengkalis:Riaunet.com~Bupati Bengkalis Amril Mukminin menjelaskan, Undang-Undang (UU) No 24 tahun 2013 atas Perubahan UU No 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, merupakan era baru di bidang administrasi kependudukan. 

“Tujuan utama dari perubahan dimaksud untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan ketunggalan nomor induk kependudukan, serta ketunggalan dokumen kependudukan,” kata Amril.

Ini dikatakan Amril saat mengambil sumpah dan melantik ,Rinaldi ,sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di ruang rapat lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin (10/4/2016) petang.

Ia menjelaskan, ada 12 perubahan substansi mendasar dalam UU No 24/2013. Yaitu, pengangkatan pejabat struktural pada unit kerja yang menangani administrasi kependudukan di kabupaten ,diangkat dan diberhentikan oleh Mendagri atas usulan Bupati melalui Gubernur. Dan, penilaian kinerja pejabat struktural tersebut dilakukan secara periodik oleh Mendagri. 

“Bukan kami yang mengangkat. Tapi Mendagri. Kami hanya mengambil sumpah dan melantik dalam jabatan saja,” ujar Amril.

Menurutnya, dengan adanya perubahan UU tersebut, keberadaan Disdukcapil semakin strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah maupun nasional. Karena penggunaan data kependudukan di Kemendagri bersumber dari data kependudukan kabupaten/kota, serta merupakan satu-satunya data kependudukan yang digunakan untuk semua keperluan. 

Misalnya, perhitungan alokasi anggaran, pelayanan publik, perencanaan pembangunan, pembangunan demokrasi, penegakan hukum, dan pencegahan kriminal, dan sebagainya,"jelas Amril. 

“Oleh Karena itu, tak berlebihan bila kami tamsilkan bahwa data dari Disdukcapil adalah matahari yang sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah maupun nasional,” tambahnya.

"Pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati bengkalis, H Muhammad, Sekretaris Daerah H Burhanuddin Nazar dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Erinasrizal. (rdk/rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!