Bupati Bengkalis Lantik Tiga Pj Kades

Bengkalis:Riaunet.com~Bupati Bengkalis ,Bertempat di Balai Kerapatan Adat Sri Mahkota, Wisma Daerah Sri Mahkota, Senin (18/4/2016) mengambil sumpah dan melantik 3 Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) di Kecamatan Bengkalis.

Ketiga Pj Kades tersebut adalah Khaidir (Sungai Alam), Ahmadi (Pedekik), dan Heru Syafarian (Pematang Duku). Berbeda dengan Sungai Alam dan Pedekik yang tetap Pj Kades lama yang diambil sumpah dan dilanik kembali, untuk Pematang Duku sebagai Pj Kades Heru Syafarian mengganti pejabat sebelumnya Mashudi. 

Saat mengambil sumpah serta melantik ketiga Pj Kades tersebut, Amril mengutarakan agar manfaatkan dana desa bena-benar untuk peningkatan pembangunan infrastruktur. Sehingga berdampak pada percepatan perkembangan perekonomian masyarakat desa.

Untuk membangun infrastruktur harus dilakukan melalui pola padat karya. Harus swakelola. Tidak boleh dikerjakan dengan melibatkan pihak ketiga atau oleh perusahaan. 

"Selanjutnya, tenaga kerjanya harus warga tempatan. Dan bila memungkinkan seluruh bahan bakunya dibeli dari warga setempat," tutur Amril, mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir yang pernah menjadi anggota DPRD Bengkalis tiga priode ini. 

Ia menjelaskan, setiap rupiah dana desa harus dipergunakan secara transparan. Pemanfaatannya mestilah tepat guna, berdaya dan berhasil guna. Perencanaannya mesti diketahui masyarakat. 

"Informasikan secara terbuka kepada masyarakat setiap rupiah rencana penggunaan dana desa tersebut," jelas Amril. 

Kepada Pj Kades yang baru dilantik Amril mengatakan, tata kelola dana desa saat ini menjadi sebagai salah satu butir upaya pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme dan terintegrasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. 

"Artinya saat ini KPK juga sudah masuk desa. Kendati demikian, tidak perlu takut, jika penggunaannya benar-benar dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan. Manfaatkan dana desa tersebut secara efektif dan akuntabel," katanya. 

Hal ini juga diingatkan kepada Pedekik Sungai Alam maupun Pematang Duku, termasuk bagian dari 94 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa defenitif secara serentak tahun 2016 ini. 

"Lakukan sosialisasi kepada masyarakat. Ciptakan suasana kondusif, agar tidak terjadi gesekan dan konflik, sehingga seluruh tahapan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut berjalan lancar, aman, damai, dan demokratis," ujarnya.

Lanjut Amril, sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan masyarakat di daerah ini, maka dimanapun, kapanpun, kepada siapapun, dan dalam situasi apapaun, bersama aparatur desa lainnya, setiap Pj Kades harus dapat memberikan yang terbaik 

"Dengan dengan prinsip '7S'. Yaitu, senyum, sapa, salam, sopan, santun, selesai, dan sempurna," tutup Amril. (rdk/rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!