Datangi BPK, Komisi III Ingin Cari Penyimpangan di Kementerian

Jakarta~Melalui Panja penegakan hukum, Komisi III DPR berencana akan sambangi BPK. Selain soal kasus Sumber Waras, Komisi III juga ingin meminta seluruh hasil audit terhadap kementerian dan lembaga.

"Tidak hanya Sumber Waras. Hampir semua anggota panja. Kita ke sana dalam rangka untuk meminta audit 5 tahun terakhir, apa ada penyimpangan yang dilakukan oleh Kementerian dan Lembaga," kata Ketua Panja Penegakan Hukum Desmond J Mahesa, Selasa (19/4/2016).

Jika memang ada penyimpangan, Panja nantinya akan mengecek mana yang ditindaklanjuti dan mana yang tidak. Menurut Desmond, hal tersebut terkait denhan masalah hukum. 

"Dengan dasar itulah panja akan melakukan pengawasan terhadap mitra kerja Komisi III. Kejaksaan, KPK, kepolisian, dalam rangka melakukan pengembalian penyimpangan uang negara," ujarnya.

Desmond mengakui, bahwa kedatangan Komisi III juga dalam rangka ingin mengetahui soal audit investigatif dari pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI. Nantinya Panja akan memanggil tiga mitra kerja Komisi III tersebut. 

"Salah satu yang akan diminta yaitu Sumber Waras. Semua akan diminta, dari sana dasar untuk melakukan pengawasan, dan mendorong mitra kita untuk proaktif lagi," jelas Desmond. 

"Dasar kita untuk rapat dengan KPK, Polri, Kejaksaan, kalau data ada penyimpangan, mengapa KPK katakan tidak. Kalau penyimpangan ada berarti ada unsur korupsi," tambahnya. 

Telah diketahui bahwa BPK menyatakan dalam audit investigatifnya, ada kerugian negara sebesar Rp 191 M. Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) mengatakan audit BPK ngaco dan menyatakan Pemprov DKI telah melakukan pembelian sesuai prosedur. 

Terkait Sumber Waras sendiri, Wakil Ketua DPR Fadli Zon telah datang untuk meninjau lokasi langsung, Senin (18/4). Ia menyebut melakukan inspeksi mendadak sebagai bentuk pengawasan dewan. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!