Ekonomi Sulit, Namun Angka Pernikahan Meningkat

RokanHulu:Riaunet.com~Meski ekonomi dilanda kesulitan. Namun angka pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Bangunpurba, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meningkat, yang biasanya hanya 10 Pasangan Suami Istri (Pasutri), kini bisa mencapai 20 Pasutri perbulan yang menikah. 

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bangun Purba ,kabupaten Rokan Hulu-Riau, Samsuar, di ruang kerjanya, Rabu (20/4/2016) mengatakan, pada tahun 2015 lalu, ada sebanyak 148 Pasutri yang melangsungkan pernikahan.  

"Triwulan tahun ini saja, meski kondisi ekonomi sulit, namun sudah 61 Pasutri melangsung pernikahan," ujarnya ,dan menerangkan setiap Pasutri tersebut sudah terkoneksi pada Sistem Informasi Managamen Pernikahan (SIMKAH). 

Samsuar menjelaskan, data-data Pasutri yang telah menikah 4 tahun yang lalu juga diuplod pada server SIMKAH tersebut. 

"Kita harapkan semuanya bisa transparan untuk Pasutri yang melangsungkan pernikahan di Balai Nikah (KUA). Tapi kalau di rumah keluarga biaya nya Rp 600 ribu, dan disetor langsung ke rekening bank Kemenag Rohul," imbuhnya.

Ia mengakui untuk di kecamatan Bangun Purba masih ada warga yang melakukan nikah sirih, termasuk  perceraian yang dilakukan di bawah tangan. 

"Tapi kita himbau kepada masyarakat agar tetap mengurus perkawinan secara resmi, karena manfaatnya untuk masyarakat itu sendiri," jelas Samsuar.

Sesuai UU Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan, bagi masyarakat nanti yang berpoligami secara tidak sah, bisa dikenakan sanksi pidana penjara, tapi ia menyarankan setiap keluarga yang akan bercerai dan berpoligami mestinya berkonsultasi dulu pada Badan Pembinaan, Penasehatan dan Pelestarian Perkawinan (BP-4).

"Yang jelas, kita dari pemerintah berkeinginan supaya di masyarakat itu tercipta keluarga-keluarga sakinah, sehingga bisa melahirkan generasi-genarasi yang berkualitas, cerdas berguna untuk agama, bangsa dan negara," tutupnya. (Fah)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!