HIMIA Fisipol UIR Gelar Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Pekanbaru:Riaunet.com~Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (HIMIA) fisipol Universitas Islam Riau (UIR) menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat, yaitu dengan nama Desa Mitra. Himia telah melaksanakan kegiatan seperti ini sudah sebanyak 3 kali. Dan tahun ini adalah pelaksanaan yang ke 4 kalinya. Lokasi kegiatan desa mitra pada tahun ini bertempat di desa teluk rhu kecamatan rupat utara kabupaten bengkalis-Riau.

Kegiatan ini berlangsung 4 hari ,dimulai dari tanggal 21-24 April 2016 lalu. Dari potensi pariwisata yg terdapat di Rupat utara inilah yg mendorong HIMIA untuk menjadikan desa teluk rhu menjadi lokasi desa mitra. 

Tapi sangat disayangkan, dengan potensi wisata yg ada, tetapi belum bisa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Ada beberapa rangkaian kegiatan desa mitra ini, seperti seminar tentang UU Desa no 6 tahun 2014, peningkatan UMKM, penyadaran akan tingkat kriminalitas dan penyadaran masyarakat tentang pentingnya pariwisata. 

"Kegiatan ini di isi Dengan narasumber, yaitu Dr. Moris adidi yogia, M.Si , Indra Safri S.Sos,M.Si , Hendry Andry S.Sos, M.Si, Kasmanto Rinaldi S.H, M.Si serta perwakilan dari dinas pariwisata dan ekonomi kreatif provinsi riau. 

Selain itu, ada kegiatan lain seperti malam kebudayaan, pelatihan souvenir dan sosialisasi ke sekolah-sekolah di rupat utara tersebut ,"kata Denny Prasetyo ,selaku Ketua pelaksanaan kegiatan Mitra Desa kepada Riaunet.com, jumat (29/4/2016) di pekanbaru.

Denny, yang juga menjabat sebagai koordinator bidang, di himpunan mahasiswa ilmu administrasi fisipol UIR ini menjelaskan ,Desa mitra tahun ini mengangkat tema 'peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan daerah perbatasan rupat utara dalam menghadapi MEA'. peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sekitar 200 orang dari mahasiswa administrasi fisipol uir. 

"Berangkat dari catur Darma Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu pengabdian masyarakat, HIMIA berinisiatif untuk melaksakan kegiatan ini untuk mengimplementasikan ilmu dan teori yg didapat dari kampus ,"ucap Denny, Mahasiswa semerter 8 yang berasal dari kabupaten Siak. 

Denny berharap Rupat utara ini menjadi pusat perhatian dari semua pihak untuk menjadikan salah satu icon pariwisata di provinsi riau, khususnya di indonesia maupun internasional. 

"Ya kita harapkan Rupat utara ini menjadi pusat perhatian dari semua pihak untuk menjadikan icon pariwisata di provinsi riau, khususnya di indonesia maupun kanca internasional,"ujarnya. (rdk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!