Ingin Lancar ,Petani Ini Adakan Ritual Dengan Potong Ayam Tiga Warna

RokanHulu:Riaunet.com~Dari DanRamil 02 Rambah, Camat Rambah, sampai pada Kepala Bidang Pengembangan Tanaman Pangan Kabupaten Rokan Hulu melakukan makan ayam 3 dengan warna. hal tersebut dilaksanakan dalam rangka mensukseskan program pemerintah ketahanan pangan.
 
Ini merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan untuk hari ini saja oleh kelompok Tani Rimbo Hapar. Agar kedepan dalam pelaksanaan penanaman Padi Sawah dapat berjalan dengan sukses.
 
“Ya ini merupakan kegiatan ritual untuk hari ini saja , Harapan Kami, agar kedepan petani yang tergabung dalam kelompok tani Rimbo Hapar memperoleh hasil panen padi yang melimpah” kata Anuar Daulay, Ketua Kelompok Tani Rimbo Hapar di persawahan Rimbo Hapar Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu-Riau (20/4/2016).
 
Yang terpenting dan paling utama, kami juga tidak lupa berdoa memohon kepada Tuhan supaya dilancarkan dan di sukseskan kegiatan penanaman padi ini dengan baik," tambahnya.
 
Hadir dalam acara tersebut, DanRamil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi, Camat Rambah Ari Gunadi, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Tanaman Pangan, Paum Zarkisman, Ka. UPTD Rambah ,Zulkifli, Kades Desa Suka Maju dan Tokoh Masyarakat.
 
Sementara itu Danramil 02 Rambah sangat mengapresiasi tekat masyarakat Desa Suka Maju yang begitu kompaknya. Mereka melakukan ritual ini atas musyawarah kelompok tani sendiri, yang bertujuan ingin sukses dan berhasil dalam menanam Padi Sawah.
 
”Wah, terus terang tadi saya terkejut loh. Karena ada laporan dari Babinsa yang ada di Desa Suka Maju yakni Kopda Dedy Nofery Samosir, bahwa masyarakat kelompok Tani Rimbo Hapar akan melaksanakan penanaman Padi Sawah dengan mengadakan ritual pemotongan Ayam 3 warna," ujar DanRamil.
 
“saya sampai heran. Ayam apa itu ya?, dan ternyata ayam 3 warna yang dimaksud adalah ayam kampung yang terdiri dari 3 warna yaitu ayam yang warnanya Hitam, Ayam Merah dan Ayam Putih. Dan dimasak oleh petani, lalu kita makan bareng bersama-sama dengan petani," imbuhnya.

Babinsa Koramil 02 Rambah, Kopda Dedy Nofery Samosir membenarkan tentang kegiatan tersebut.
 
“Iya, memang hari ini masyarakat kita melaksanakan penanaman Padi Sawah seluas 5 Hektar yang ada di Desa Suka Maju. Kebetulan saya tidak dapat hadir, dikarnakan ada tugas penting di Kodim 0313 Kampar,” kata Babinsa melalui telepon selulernya.
 
"Kalau tidak ada halangan, hari jumat saya langsung melihat ke persawahan petani kita untuk memberikan sport dan semangat kepada Kelompok Tani Rimbo Hapar,"tambahnya. (Fw) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!