Ini Keindahan Obyek Wisata Air Terjun Aek Matua Di Rohul

RokanHulu:Riaunet.com~Ini keindahan Objek Wisata Air Terjun Aek Martua, yakni nama sebuah sungai di wilayah Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba kabupaten Rokan Hulu (Rohul)-Riau, air terjun ini yang tertinggi dari sekian banyak air terjun yang ada di sepanjang hulu sungai Bukit Simalombu.

Selain itu, Kawasan ini merupakan hutan alam Taman Hutan Raya (Tahura) yang masih menyimpan ratusan kubik pohon alam. Nama Aek Martua berasal dari bahasa Suku Mandailing yang artinya 'Air Bertuah' mayoritas penduduk desa ini dari  Suku mandailing. 

Air terjun Aek Martua ini berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan Kabupaten Rohul . Air Terjun  ini memiliki keunikan, pesona dan keistimewaan tersendiri, karena memiliki tiga tingkat. Wisata ini memiliki panorama alam yang mempesona. 

"Kejernihan Airnya bagaikan kemasan air mineral, sedap dipandang mata. Selain obyek wisata, Aek Martua ini juga menjadi objek penelitian bagi Perguruan Tinggi Negeri di Pekanbaru. 
Untuk sampai ke Air Terjun Aek Martua ini, dari Pekanbaru naik kendaraan umum menuju Pasir Pengaraian dengan ongkos Rp. 50.000, turun di Simpang Tangun. Dilanjutkan menuju Tangun dengan naik oplet dengan ongkos Rp. 5000.

  Sampai di objek wisata ini, kita akan melewati jembatan gantung dan melintasi jalan perkebunan masyarakat sejauh 3, 5 Km, dan melewati kawasan hutan lindung sambil melihat pemandangan. 

"Kesejukan hutan yang masih alami tersebut itu akan membawa kita menuju Air Terjun Aek Martua ini. 

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Sekhutbun) Rohul, Ari Ardian, kamis (28/4/2016) mengatakan, pihak Pemkab Rohul sudah membebaskan lahan sekitar 3 ribu hektar untuk Tahura. 

Lokasi ini sudah mendapat Surat Keputusan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK). Sudah masuk dalam SK Kemen LHK dan masuk didalam RTRW ,"kata Ari. 

Mengenai tata batas, berita acaranya sudah dibuat oleh Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XIX Pekanbaru. Tahura Aek Martua di Kecamatan Bangun Purba ini baru sebatas perencanaan tahun ini, sebab ini belum dianggarkan dalam APBD Rohul 2016.

"Selain itu, Tahura Aek Martua ini bukan hanya sebagai lokasi pengawetan jenis-jenis tumbuhan kehutanan, namun juga sebagai lokasi perlindungan satwa dan menjadi obyek wisata. Apalagi di lokasi Tahura ini, ada Air Terjun Aek Martua yang sudah menjadi salah satu obyek wisata di Kabupaten Rohul, dan sudah dikenal masyarakat Riau dan provinsi lain,"tutup Ari menjelaskan. (Fah)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!