Masih Banyak Perusahaan Di Rohul Belum Daftar Karyawannya ke BPJS

RokanHulu:Riaunet.com~BPJS Ketenagakerjaan kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mencatat hingga April tahun ini masih banyak perusahaan dan industri di wilayahnya belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS.

"Ini merupakan kewajiban perusahaan yang dituangkan dalam Undang-undang Nomor 24 tahun 2011, Tentang Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) yang intinya setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan," ucap Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Rohul, Sawir Achmadi di kantornya Jl Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian, Rabu (27/4/2016). 

Dari data yang dimiliki, dari 250 perusahaan di Rohul, baru 67 perusahaan yang mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Data kami, baru 67 perusahaan yang sudah mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan selebihnya belum sama sekali," kata Sawir.

Ini sangat disesalkan, karena menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah kewajiban perusahaan. Selama ini pihaknya sudah sering turun kelapangan memberikan sosialisasi ke ratusan perusahaan yang terdiri dari skala kecil, menengah hingga besar.

"Sepertinya hal itu tidak mendapatkan tanggapan sebagaimana mestinya dari pihak perusahaan. Sudah berapa kali kami melakukan sosialisasi, tapi tetap saja tidak berpengaruh. Padahal ini kan sudah diatur di dalam undang-undang," ujar Sawir lagi.

Namun pihaknya tetap mengharapkan kepada perusahaan untuk bersama-sama memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada tenaga kerjanya, sehingga dengan didaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Tenagakerja. Maka karyawan itu bisa terjamin untuk hari tua ketika esok dirinya sudah tidak bekerja lagi.

“Mari, kita bersama-sama untuk menjamin tenaga kerja untuk mendapatkan kebahagiaan dan keberlangsungan hidup keluarganya dimana masa depan,” imbuhnya.

Sawir mengungkapkan, BPJS Ketenakerjaan mempunyai empat program yang bisa dimanfaatkan bagi pekerja formal dan non formal. Empat program itu bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko yang terjadi dalam bekerja. 

“Pertama, program jaminan kematian, kedua jaminan pensiun, ketiga, jaminan hari tua dan terakhir, program jaminan kecelakaan kerja,” ungkapnya. (Fw)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!