Rencananya Jokowi Akan Kunjungi Eropa Bahas Kerjasama Ekonomi dan Terorisme

Jakarta~Presiden RI akan melakukan kunjungan kenegaraan ke beberapa negara di Eropa. Kunjungan kerja itu dalam rangka memenuhi undangan pemimpin Eropa sekaligus membahas beberapa kerjasama di bidang ekonomi dan terorisme.

"Tujuannya lawatan Jokowi ke Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda, yang akan dimulai 18 April sampai 22 April," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi di kantor Kemenlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2016). 

Retno menjelaskan, Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki Comprehensive Partnership Agreement (PCA) dengan Uni Eropa. Sehingga nantinya kunjungan ini akan membangun pondasi kuat dalam kerjasama Indonesia dan Uni Eropa.

"Jelasnya tujuan besar ini untuk memperkuat kerja sama ekonomi, selain itu kerja sama maritim akan menjadi salah satu prioritas pembahasan. Dalam hal ini interaksi Presiden dengan kalangan bisnis juga akan banyak dilakukan," jelas Retno. 

"Kunjungan ini juga akan memperkuat kerjasama menanggulangi ekstremisme, terorisme dan memperkuat toleransi," ujar Retno. 

Ia juga mengatakan, lawatan Presiden Jokowi ke negara-negara Eropa ini akan menjadi momen penting. Karena selain bertemu dengan pemimpin negara-negara Eropa, Presiden juga akan mengunjungi Belanda.

"Ini pertama kalinya Presiden Jokowi akan diterima oleh Presiden Uni Eropa, Presiden Parlemen Eropa, Presiden Dewan Eropa dan Presiden Komisi Eropa. Selain itu ini adalah lawatan pertama Indonesia setelah 17 tahun silam ke Belanda," kata Retno. (dtk) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!