UPTD Pukesmas Sungai apit Gelar Sosialisai Memanfaatan Air Gambut

SIAK:Riaunet.com~Kehidupan di pesisir pantai yang bergambut menjadi sebuah tantangan berat yang harus dihadapi masyarakat untuk bertahan hidup, mulai dari pengelolaan lahan yang kurang subur dibandingkan dengan tanah mineral. Dan masyarakat yang tinggal ditempat itu telah menunjukkan bahwa mereka mampu mengelola lahan gambut menjadi lahan-lahan perkebunan yang menjadi sumber kehidupan mereka hingga saat ini.

Permasalahan yang harus dihadapi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai yang berlahan gambut adalah, sulitnya mendapatkan air bersih, selama ini masyarakat hanya mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Namun permasalahan lain timbul disaat musim kemarau tiba, ketika ketersedian air hujan habis. Jika sudah seperti ini masyarakat tetap mengandalkan air gambut untuk memenuhi kebutuhan, mulai dari mandi, mencuci, masak, bahkan untuk air minum. 

Terkait Hal tersebut, Kepala UPTD Pukesmas kecamatan sungai Apit ,kabupaten siak, Dr Adrian Hidayat, Bersama anggotanya melakukan pembuatan alat dan cara sederhana untuk proses penyaringan air gambut ,sehingga menghasilkan air bersih. Dengan peralatan sederhana ini, diharapkan masyarakat yang tinggal di daerah gambut bisa belajar dan mampu membuat peralatan tersebut dengan harga yang murah. 

Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak lagi bergantung pada air hujan untuk kebutuhan air bersihnya. Kata Dr Adrian kepada wartawan, selasa (5/4/2016). 

Ia menyebutkan, Alat penyaringan tersebut terdiri dari beberapa buah tabung yang terbuat dari potongan pipa yang didalamnya berisi pasir, kerikil, dan karbon aktif yang disusun dengan teknik tertentu sehingga menjadi sebuah alat penyaring.

"Saat ini sudah dua kampung yang melakukan Inovasi sederhana dalam memanfaatkan air gambut, seperti kampung harapan dan kampung lalang. Berharap kami akan adakan disetiap kampung yang berada dikecamatan sungai apit," Ujarnya.

Penghulu kampung lalang ,Daroni mengucapkan terima kasih kepada kepala UPTD Pukesmas kecamatan sungai apit beserta rombongannya. Karena beliau telah memberikan inovasi untuk menfaatkan air gambut menjadi air bersih. Tentunya kesempatan ini kami tidak sia-siakan.

"Selama ini sebagian masyarakat masih menggunakan air gambut yang berwarna kecoklatan untuk kebutuhan sehari hari. Tapi dengan adanya alat penyaringan sederhana ini, masyarakat bisa menikmati air bersih,"imbuhnya.(ra) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!