UPTD Pukesmas Sungai Apit Gelar Pemeriksaan IVA Kepada Kaum Ibu

SIAK:Riaunet.com~Bersamaan dengan Peringatan Hari Kartini, UPTD puskesmas kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak, gratiskan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) untuk diagnosa penyakit kanker serviks (kanker leher rahim),di puskesmas Sungai Apit ,kamis (21/4/2016).

Dalam penjelasannya ,Kepala UPTD Pukesmas Sungai apit Dr Adrian Hidayat mengatakan, bersamaan dengan hari Kartini dan Pencanangan Program Nasional percepatan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia, khususnya di kecamatan sungai apit. Kita mengadakan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) untuk diagnosa penyakit kanker serviks (kanker leher rahim.

"Kanker serviks merupakan kanker mulut rahim yang disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV). Yang mana perempuan di Indonesia banyak yang terkena kanker serviks. Untuk diketahui, kanker ini bisa merupakan penyebab kematian perempuan nomor satu di Indonesia," kata Dr Adrian kepada wartawan di kecamatan sungai apit kabupaten siak.

Adrian menghimbau kepada seluruh ibu-ibu yang berada di kecamatan sungai apit agar dapat melakukan pemeriksaan dini, agar terhindar dari kanker leher rahim. Kanker leher rahim terjadi jika sel-sel servis tumbuh menjadi tidak normal dan tidak terkendali. Jika sel servis terus tumbuh dan berkembang akan membentuk satu jaringan yang disebut tumor.

"Inspeksi Visual dengan Asam Asetat atau yang lebih dikenal dengan IVA, merupakan metode yang dapat digunakan juga untuk deteksi dini kanker serviks. Metode ini memeriksa serviks dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) setelah memulasnya dengan larutan asam asetat 3-5%," ucap Adrian.

Sementara itu ,tujuan dari IVA tersebut yaitu untuk mengurangi morbiditas (keparahan penyakit) atau mortalitas (kemungkinan kematian) dari penyakit ,"tambahnya.

Ia menambahkan , untuk pemeriksaan IVA dimulai dari umur 30 tahun keatas. Dan juga penyebab Virus ini adalah pernikahan di umur 18 tahun kebawah. Untuk itu apabila pasien terbukti positif terkena kanker, maka pasien tersebut akan di periksa RSUD siak. Dan dua tahun belakangan ini lebih kurang 500 ibu-ibu sudah di periksa.

"Untuk itu kita melaksanakan Pemeriksaan IVA dalam seminggu sekali . Dan saya berharap agar ibu-ibu segera melakukan pemeriksaan untuk kesehatannya," imbuhnya (ra)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!