Tak Hadir, Kejati Riau Akan Surati Bupati Meranti Untuk Panggilan Kedua

Pekanbaru~Irwan Nasir, Bupati Meranti tidak hadir saat akan diperiksa Kejaksaan Tinggi Riau. Pemeriksaan sebagai saksi ini terkait dugaan korupsi dana pembangunan pelabuhan. 
Jadwal semestinya siang tadi Irwan Nasir harus menghadap ke Penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Riau, Rabu (25/5/2016). Namun hingga sore tidak ada kabar dari Irwan Nasir.

"Hingga sore beliau belum datang, dan tanpa ada pemberitahuan," kata Kepala Seksi Penyidikan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Rahmad Surya Lubis kepada wartawan di Pekanbaru. 

Tidak hadirnya yang bersangkutan dalam pemanggilan pertama ini, pihaknya akan memberikan panggilan yang kedua. 

"Akan kita surati untuk pemanggilan yang kedua sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pembangunan pelabuhan," ujar Rahmad. 

Untuk diketahui, sebelumnya Kejati Riau telah menetapkan 4 orang pejabat di Pemkab Meranti sebagai tersangka kasus korupsi dana pelabuhan Dorak di Selatpanjang. 

Tersangka itu adalah, Muhammad Habibi yang menjabat sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembangunan Pelabuhan Dorak. Zubiarsyah selaku mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Suwandi Idris yang merupakan Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kepulauan Meranti, serta Abdul Arif selaku penerima kuasa dari pemilik lahan.

Pelabuhan tersebut dirancang sebagai pelabuhan bertaraf internasional pada proyek anggaran 2012-2014. Adapun dana yang dipersiapkan dengan anggaran tahun jamak (multiyears) mencapai Rp 650 miliar. Sampai habis tahun anggaran proyek tersebut masih terbengkalai. Dan Kejati Riau melakukan pengusutan soal ganti rugi lahan. 

Kasus ini juga tengah disidik Polda Riau. Hanya saja pihak kepolisian melakukan penyelidikan dugaan korupsi pembangunan fisik pelabuhan tersebut. 
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Iqaruddin saat dihubungi wartawan mengatakan, Irwan Nasir saat ini sedang berada di Jakarta untuk menghadiri pelantikan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman. 

"Pak Irwan mendapat undangan untuk menghadiri pelantikan Gubernur di Jakarta," katanya. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!