Asisten II Setdakab Rohul Secara Resmi Buka Pasar Ramadhan




RokanHulu:Riaunet.com~Pada Tahun 2016 ini Pasar Ramadhan Kabupaten Rohul di pusatkan di Pasar Lama Kelurahan Pasirpengaraian Kecamatan Rambah, dan secara resmi di Buka oleh Bupati Rohul H Suparman S.Sos M.Si melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Rohul, Syaiful Bahri.

Dihimbau agar pedagang hendaknya menjaga mutu dan kebersihan, ini dilakukannya demi menjaga kesehatan dan keselamatan para konsumen ketika mengkonsumsi makanan tersebut agar ibadah puasanya tidak terganggu. 

"Kebersihan itu penting dijaga. seperti air harus betul-betul masak, begitu juga makanan harus yang segar-segar jangan basi," ujar Syaiful ,usai membuka Ramadhan 1437 H tahun 2016, Senin (6/6/2016). 

Selain Syaiful Bahri, hadir juga dalam acara tersebut, Kadisdikpora M. Zen, Anggota DPRD Rohul Kasmawati, Yulika, Camat Rambah Ari Gunadi bersama Upika serta Lurah Pasirpengaraian Mukhlis SE, dengan di iringi rebana dari Kelurahan Pasirpengaraian.

Dikesempatan itu, lurah Pasirpengaraian Mukhlis SE, menyebutkan keberadaan Pasar Ramadhan di Pasar Lama Pasirpengaraian sangat strategis. Karena masyarakat yang berbelanja untuk kebutuhan berbuka puasa lebih leluasa memarkirkan kendarannya di tempat yang telah disiapkan panitia. Pengelola Pasar Ramadan telah menyiapkan 110 lapak untuk pedagang yang akan menjual makanan atau minuman untuk berbuka puasa bagi umat muslim selama Ramadhan.

"Dirinya selaku penanggungjawab dalam Pengelolaan Pasar Ramadan, melakukan juga bekerjasama dengan Satlantas Polres Rohul," ucapnya.

Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Rohul melalui Bidang Kebersihan, Pertanaman menjelaskan, para pedagang yang menjajakan di lapak pasar Ramadan, untuk satu lapak luasnya 2,4 meter x 2 meter.Dalam artian luasnya lebih besar dari lapak Pasar Ramadan tahun sebelumnya.
        
Bagi pedagang yang berjualan di Lapak Pasar Ramadan dikenakan Rp 300 ribu selama berlangsungnya Ramadhan. Harga tersebut tidak ada kenaikan selama empat tahun terakhir,"jelasnya.

Sewa lapak Pasar Ramadan oleh pengelola, disamakan di tahun-tahun sebelumnya, karena kondisi ekonomi masyarakat saat ini jauh merosot. Namun masing-masing pedagang dikenakan uang kebersihan kepada sebesar Rp 1.000 perhari. 

’Panitia menyiapkan lokasi parkir kendaraan bermotor langsung
dikelola oleh masyarakat Kelurahan Pasirpengaraian secara umum. Sehingga masyarakat yang berkunjung untuk berbelanja menu buka
puasa dan sahur lebih nyaman,’’ ujarnya.
        
Dijelaskan Lurah Pasirpengaraian lagi, dengan adanya Pasar Ramadhan ini, selain dapat menambah penghasilan warga yang berdagang di pasar tersebut, juga terbantu umat muslim untuk berbuka puasa dan sahur.

"Seluruhnya sudah sediakan berbagai makanan, minuman sesuai selera, tinggal pilih mana yang di sukai para pembeli," pungkasnya. 
        
Pantauan Media ini, di jalan Diponegoro Simpang menuju tempat lokasi Pasar Ramadhan, terlihat anggota Satlantas Polres Rohul yang dipimpin Kanit Patroli, Iptu Abuzar sedang mengarahkan warga yang melintas, kadang masyarakat ditegur karena tidak memakai helm saat mengendarai sepeda motor dan membantu masyarakat untuk menyeberang jalan. (Fah) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!