Gemar Kandis Berzakat III, Alfedri : Bayarlah zakat dimana kita berada.



SIAK:Riaunet.com~Bertempat di Mesjid Raya Sultan Assyaidis Syarif Kasim Abdul Jalil Syaifudin, Kampung Kandis, Kecamatan Kandis Sabtu (25/6/2016), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak menggelar Gemar (Gerakan Masyarakat) Berzakat III. 

Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Wakil  Bupati Siak, H Alfedri selaku ketua BAZNAS Kabupaten Siak. Turut hadir  Camat Kandis Indra Admaja, Pengurus BAZ Kecamatan Kandis, serta sejumlah pejabat dan para tamu undangan. 

Wabup Siak, Alfedri membeberkan sejumlah penghargaan dan prestasi yang telah di raih oleh pemerintah Kabupaten Siak. 

"Sepanjang kepemimpinan Kami (Syamsuar-Alfedri) Kabupaten Siak telah banyak menuai prestasi, salah satunya adalah pelayanan terbaik di Indonesia dan Masyarakat sadar hukum untuk mewakili Riau di ajang Nasional. Ini semua dapat terwujud berkat bantuan serta doa dari masyarakat Kabupaten Siak," ucap Alfedri sambil tersenyum. 

Soal zakat, dirinya berharap dengan adanya program Gerakan Masyarakat (Gemar) Berzakat di Kecamatan Kandis ini akan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kandis untuk membayar zakat. Karena dana zakat tersebut banyak manfaatnya untuk orang-orang yang kurang mampu. 

Alfedri juga mengajak agar  masyarakat membayar zakat kepada petugas yang telah ditunjuk atau amil zakat. Sebab kalau ada masyarakat yang langsung membayar kepada mustahiq tanpal amil, itu bukan zakat namanya tapi sedekah ataupun infak," kata Alfedri. 

Bayarlah zakat sesuai dengan tempat tinggal kita, atau tempat kita berada mencari nafkah, jangan sampai kita tinggal di kabupaten Siak tapi berzakatnya dikampung kelahiran kita. 

Ia juga berpersan Kepada para Amil zakat, jangan malu dengan posisi kita sebagai amil. SK (surat keterangan) amil itu turunnya langsung dari Allah SWT yang tertulis di Al-Qur’an,"imbuhnya. 

Sementara itu, Camat Kandis, Indra Admaja mengucapkan rasa terimakasih kepada Wakil Bupati Siak yang telah menyempatkan diri untuk bisa berkumpul bersama masyarakat Kandis, ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kandis.. 

"Dijelaskan juga oleh Camat bahwa pihaknya sudah berupaya maksimal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat, khususnya bagi masyarakat yang sudah sampai nisabnya," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu juga, Wabup Siak juga memberikan santunan bagi anak yatim piatu, bantuan bagi masyarakat yang sedang tertimpa musibah, seperti kebakaran rumah dan bencana angin puting beliung serta menyerahkan penghargaan UPZ terbaik yang di raih oleh Kampung Kandis. 

Sementara untuk penyaluran zakat dengan pola konsumtif di Kecamatan Kandis ini berjumlah Rp.72 juta dan akan di bagikan kepada 72 orang mustahiq. Dari hasil Gemar Kandis Berzakat III telah terkumpul sebanyak Rp.144 juta, jumlah tersebut menurun dari tahun-tahun sebelumnya. (rdk/Hms) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!