[OPINI] Menguji Kota Madani Di Bulan Yang Suci

Ibnu Arifin,SH
Penulis: IBNU ARIFIN, SH (Ketua Komisi Advokasi Dan Hukum DPP PPR Provinsi Riau), Sabtu (4/6/2016)


Pekanbaru:Riaunet.com~Kota metropolitan yang madani. visi kota pekanbaru bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan banyak hal yang harus diperbaiki termasuk sektor SDM pekanbaru khususnya dan riau umumnya. 

Menurut kamus besar bahasa indonesia, metropolitan adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri atas satu metropolis besar dan daerah sekitarnya, atau beberapa kota sentral yang saling bertetangga dan daerah sekitarnya, sedangkan masyarakat madani adalah menjunjung tinggi nilai, norma, hukum yang ditopang oleh penguasaan iman, ilmu, dan teknologi yang berperadaban.

Sedangkan ciri-ciri kota metropolitan adalah : Istilah untuk menggambarkan suatu kawasan perkotaan yang relatif besar, baik dari ukuran luas wilayah, jumlah penduduk, maupun skala aktivitas ekonomi dan sosial.

"Masyarakat madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip-prinsip moral yang menjamin kesimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat, inisiatif dari individu dan masyarakat akan berupa pemikiran, seni, pelaksanaan pemerintah yang berdasarkan undang-undang dan bukan nafsu atau keinginan individu. 

Perwujudan masyarakat madani ditandai dengan karakteristik masyarakat madani, diantaranya wilayah publik yang bebas, demokrasi, toleransi, kemajemukan dan keadilan sosial. 

Banyak sekarang kita jumpai kasus-kasus yang sungguh menggerut hati, seperti pelanggaran moral yang dilakukan oleh anak-anak, tentunya hal ini harus menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah. Moral bangsa menjadi perhatian penuh.. sama hal nya di pekanbaru. Banyaknya tempat hiburan setiap malam menjadi momok menakutkan bagi masyarakat pekanbaru yang madani apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan.

Pembuatan taman-taman yang ada dipekanbaru malah dijadikan tempat pacaran setiap malamnya. Apakah ini akan terus terulang?

Apakah pekanbaru akan bisa menuju kota metropolitan yang madani? 

"Ingat" MORAL adalah salah satu tolak ukur untuk menjadi kota pekanbaru yang madani. 

"Semoga pekanbaru menjadi kota metropolitan madani yang bermarwah yang menjunjung tinggi nilai norma adat dan istiadat melayu riau. (rdk) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!