PT Arara Abadi Jalin Kerja Sama Dengan MTsN Kecamatan Sungai Apit

SIAK:Riaunet.com~Dalam mewujudkan Madrasah hijau, rindang dan berbuah, siswa-siswi MTs Negeri kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak yang berjumlah 15 orang dan 1 orang guru pendamping mengikuti Pelatihan Budidaya Tanaman Buah, sabtu (4/6g2016). Acara ini digelar di Balai Pelatihan Pengembangan Masyarakat (BPPM) PT. Arara Abadi di Kampung Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. 

Acara ini merupakan program CD-CSR PT. Arara Abadi sebagai realisasi dari kerjasamanya dengan MTs Negeri Sungai Apit. Sebelumnya juga PT. Arara Abadi telah memberikan bantuan bibit tanaman buah dan tong sampah kepada MTs Negeri Sungai Apit.

Dalam kata sambutannya, Kepala BPPM PT. Arara Abadi, Joss Rinaldy menyampaikan rasa terima kasihnya kepada siswa-siswi MTs Negeri Sungai Apit yang bersedia hadir mengikuti pelatihan, karena diusia yang masih belia, siswa-siswi ini telah menunjukkan semangat untuk peduli dan mencintai lingkungan. 

“Sayangilah hutan dan lingkungan kita, karena hutan merupakan-paru-paru dunia. Perlu tindakan yang bijak untuk mengelola hutan” kata Joss Rinaldy.

Sementara itu, Humas PT. Arara Abadi, Suparlan, mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Buah di BPPM PT. Arara Abadi ini adalah wujud konkret kemitraan yang terjalin selama ini dan sebagai bentuk bantuan yang bisa diberikan oleh pihak perusahaan,"tambah Suparlan dengan singkat.

Abdullah, S.Pd selaku perwakilan dan sekaligus guru pendamping siswa-siswi MTs Negeri Sungai Apit menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada pihak perusahaan PT. Arara Abadi yang telah memberikan pelatihan kepada siswa-siswi MTs Negeri Sungai Apit.

Kita berharap agar pelatihan ini nantinya akan bisa dimanfaatkan oleh siswa-siswi MTs Negeri Sungai Apit. Hal ini tentunya akan menjadi modal besar bagi MTs Negeri Sungai Apit untuk mewujudkan Madrasah Berwawasan Lingkungan dan Sekolah Adiwiyata hingga tingkat nasional,"kata Abdullah.

Diketahui bahwa Pelatihan Budidaya Tanaman Buah ini pesertanya diperkenalkan dengan berbagai hal yang berhubungan dengan lingkungan dan teknik bercocok tanam sederhana. 

Peserta aakan dilatih oleh pakar-pakar lingkungan dan ahli pertanian PT. Arara Abadi. Mereka diperkenalkan cara membuat kompos yang baik dan benar dari bahan organik dan kotoran hewan.

Peserta pelatihan diberi bekal pengetahuan yang sangat bermanfaat ketika mereka mengunjungi Nursey PT. Arara Abadi yang merupakan tempat pembibitan yang memiliki luas 0,2 Ha. Berbagai tanaman buah dibibit dengan sangat baik disini. Tempatnya begitu hijau dan memiliki udara segar dan nyaman. Dan seluruh peserta diajari bagaimana caranya melakukan perbanyakan tanaman buah melalui penyambungan (grafting) yang meliputi top grafting atau sambung pucuk, dan side grafting (sambung samping).

Selanjutnya, tutor Nursery BPPM PT. Arara Abadi, A. Syafruddin juga memberikan teknik-teknik cara untuk melakukan okulasi (budding), penyusuhan (approach grafting) dan mencangkok tanaman yang benar. Pesan terakhir yang mereka dapatkan adalah perlunya kesadaran untuk menjaga dan merawat lingkungan dengan tidak menebang hutan sembarangan.

"Dengan pelatihan ini nantinya akan memberikan manfaat bagi siswa-siswi MTs Negeri Sungai Apit, dan ini merupakan jalinan kerjasama antara MTs Negeri Sungai Apit dengan PT. Arara Abadi yang diharapkan akan terus berlanjut," Harap dia (Dra)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!