RibuanWarga Sungai Apit Menggelar Mandi Balimau Kasai




SIAK:Riaunet.com~Ribuan orang warga kecamatan sungai apit, kabupaten siak menggelar ritual mandi Balimau Kasai, minggu (5/6/2016) pukul 15.30 sore Wib berlangsung disejumlah tempat, yaitu di jalan hangtuah depan sekolah MI kelurahan sungai apit dan kampung dalam, ritual mandi balimau kasai ini adalah dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1437 H.

Acara ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya untuk menyambut bulan suci Ramadhan oleh masyarakat kecamatan sungai apit. Selain menyucikan diri warga juga di hiburkan dengan atraksi pancak silat serta pawai kelilling kota kecamatan sungai apit.

Seorang warga, Azni mengatakan, setiap acara mandi balimau kasai ia selalu membawa keluarganya untuk melihat atraksi serta pawai keliling lalu mandi balimau kasai di sungai apit. Kita cukup gembira dan senang.

"Ritual ini bertujuan agar rohani dan jasmani selalu bersih dan suci, agar saat melakukan ibadah puasa amal ibadahnya diterima allah SWT," katanya.

Sementara itu penghulu kampung parit I/II ,Sukardi menyampaikan kepada beberapa ibu dan anak serta pemuda agar mengambil tempat duduk yang telah disediakan oleh panitian untuk bersiap ritual penyiraman air limau (jeruk), kunyit dan beras kuning.

"Limau, kunyit dan beras kuning beraroma wangi itu adalah simbol dari bersih secara jasmani dan rohani, dan para Ibu dan anak-anak serta remaja sudah siap, dan langsung disiram oleh penghulu kampung parit I/II, dan diiringi doa-doa,"katanya.

Pantauan riaunet.com dilapangan, selain tradisi mandi Balimau Kasai, ribuan masyarakat Kampung parit I/II tersebut juga saling bermaaf-maafan satu sama lainnya. (Dra)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!