Setelah Di Lantik, Syamsuar Dan Alfedri Jalani Prosesi Tepung Tawar




SIAK:Riaunet.com~Setelah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak Masa Jabatan 2016-2021, Pasangan H. Syamsuar dan H. Alfedri Selasa pagi (21/6/2016) menjalani prosesi tepuk tepung tawar bertempat di gedung LAMR Kabupaten Siak di Siak Sriak Sri Indrapura. Prosesi adat ini dalam nilai-nilai kebudayaan melayu diartikan sebagai simbol memberikan doa dan restu atas amanah sebagai pemimpin daerah diperiode kedua yang  diterima Datuk Setia Amnah dan Timbalan Datuk Setia Amanah Kabupaten Siak.

Bupati Siak dan wakil, Syamsuar dan Alfedri tampak khidmat mengikuti prosesi adat dari awal hingga akhir. Sesekali pasangan yang dijuluki “duet kepala daerah harmonis” itu tampak manggut-manggut mendengar nasihat dan tunjuk ajar yang disampaikan Ketua Harian Majlis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Siak H. Zulkifli. 

Usai diberi wejangan, keduanya dengan khusyuk mengikuti doa bersama yang dipimpin Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Siak, Muharrom, lalu dipersilahkan naik ke mimbar untuk di tepuk tepung tawari oleh para ketua adat. 

Hadir dalam kesempatan itu, Tokoh masyarakat dan tokoh adat, Ketua dan Pengurus LAMR Kabupaten Siak dan pengurus kecamatan se-Kabupaten Siak, para pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Siak, serta Kepala Sekolah dan Guru dan segenap undangan lainnya. 

H. Syamsuar yang didaulat memberikan sambutan menghaturkan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada para tokoh adat yang telah memberikan doa restu pasca dirinya dilantik bersama Wakil Bupati oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman Senin (20/6/2016) kemaren.  

“Tepuk tepung tawar ini adalah bagian dari resam adat melayu atas dilantiknya kami berdua sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak kemarin, mudah-mudahan dengan doa restu orang-orang tua kami sekalian kami mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan tugas,” kata Syamsuar.

Syamsuar juga mengajak seluruh tokoh masyarakat dan masyarakat negeri istana untuk bersama-sama memajukan Kabupaten Siak agar semakin maju dimasa yang akan datang. 

“Siak ini negeri kita bersama, mari kita lanjutkan apa-apa saja yang sudah baik, dan kita sempurnakan apa-apa saja yang kurang baik. Mari kita sejajarkan Siak dengan daerah lain yang sudah maju,” ujar Syamsuar.

Untuk itu, Pemkab Siak kedepan akan menyelaraskan visi pembangunan daerah dengan pemerintah pusat, agar sinergi program dan kucuran dana pusat juga mengalir ke Kabupaten Siak. 
“Kemarin kepada wartawan saya sampaikan, prioritas kita lima tahun kedepan adalah pembangunan ekonomi dan percepatan pembangunan infrastruktur. Hal ini sejalan dgn program nasional Presiden Jokowi, yang disesuaikan dengan potensi yang ada di Kabupaten Siak,” imbuhnya.

Syamsuar juga berharap peran aktif mulai dari para tokoh masyarakat dan para Camat untuk dapat memotivasi masyarakat, khususnya dalam hal memberikan edukasi sadar wisata bagi masyarakat, agar terdorong mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan yang dimiliki, misalnya dalam hal produksi cinderamata dan kuliner khas lokal. 

“Selama ini kita baru dengar Sumut, Sumbar, Kepri dan Bangka Belitung sebagai destinasi pariwisata poluler di Sumatera. Kita juga ingin Siak maju sejajar. Memang kita perlu bekerja keras, dengan kerjasama yang baik dengan bapak ibu sekalian InsyaAllah kita bisa” tutup Syamsuar yang bergelar Datuk Setia Amanah ini. (rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!