Supratman: 98 UU Juga Perlu Ditata Ulang

Jakarta~Ada tiga ribu Peraturan Daerah (Perda) bermasalah yang akan ditinjau dan dihapuskan oleh Kemendagri. Supratman Andi Agtas, anggota Komisi III DPR, mengatakan seharusnya pemerintah pusat membenahi UU terlebih dahulu, baru Perdanya. 

"Kalau mau jujur, jangan perda dulu yang ditertibkan, tapi coba seluruh peraturan pemerintah dan menteri diperhatikan pelaksanaannya. Banyak yang berbeda pelaksanaannya dengan UU," kata Supratman dalam diskusi 'Meninjau Perda Inkonstitusional, Mewujudkan Tata Kelola Pemerintah Yang Baik' di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (5/6/2016).

"Misalnya tentang mineral dan batu bara yang sudah dilarang melakukan ekspor, tapi dalam keputusan menteri itu boleh," lanjut Supratman.

Dia mengingatkan agar pemerintah seharusnya lebih konsisten dalam menjalankan kebijakan negara. Terlebih apa yang menjadi peraturan di daerah adalah merujuk pada peraturan pusat.

"Walaupun ada perda bermasalah itu bukan kejutan, karena ada juga UU yang bertentangan pelaksanaannya. Ada 98 UU, UU ini yang harus ditertibkan dahulu," ujar dia. 

"98 UU ini, lanjut supratman, yang berpotensi punya masalah, pemerintah tidak pernah fokus. Harus ada konsistensi dalam hal ini.

Pemerintah pusat harus mensinkronkan peraturan-peraturan yang selama ini dinilai kurang tepat,"ucap Supratman. 

"Perda bermasalah itu yang menghambat investasi. Jadi presiden harus membereskannya. 

Pembagian dana bantuan yang tidak merata. Wilayah di luar pulau Jawa dinilai pantas mendapatkan alokasi dana yang lebih besar.

"Pemerintah belum adil memberi kesempatan pada daerah-daerah terutama yang di luar Jawa. Daerah yang luas pasti butuh biaya lebih besar. Tapi konsep pembagian dana alokasi khusus dan umum lebih banyak bertumpu pada jumlah penduduk," imbuhnya. (dtk) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!