Wakil Bupati Siak Salurkan Zakat Konsumtif Tahap II Tahun 2016

SIAK:Riaunet.com~Wakil Bupati Siak Alfedri selaku Ketua Baznas Kabupaten Siak menyalurkan zakat tahap II tahun 2016 di masjid Jamik Nurul Huda  Kampung Rempak Kecamatan Sabak Auh, Jum'at (24/6/16).

Seketaris Camat (Sekcam) Sabak Auh, Norbetsyah selaku ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Sabak Auh melaporkan jumlah uang yang dibagikan sebanyak 66 juta rupiah, dengan jumlah penerima sebanyak 132 orang, yang masing-masing menerima 500 ribu rupiah.

Camat Sabak Auh, Suparni dalam sambutannya mengatakan kampung kita ini telah ditunjuk sebagai kampung Sakinah. Mari kita jaga untuk mempertahankan tradisi kita dalam mempertahankan dan mengembangkan ajaran agama islam, dan kita tanamkan ilmu al-quran kepada anak-anak kita dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kita juga mewajibkan anak-anak kita untuk magrib mengaji, dan membimbing mereka agar berakhlak mulia," harap camat. 

Wakil bupati siak, Alfedri dalam sambutannya mengatakan, mengalokasikan pembangunan ke seluruh pelosok kampung. Apalagi program kami lima tahun kedepan tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur, pembangunan agama serta pendidikan dan pariwisata. 

Kami selalu mendorong setiap kecamatan untuk meningkatkan pengumpulan zakat. Insya Allah tahun depan di Sabak Auh ini kita laksanakan Gemar Siak berzakat. Untuk itu Kami berharap masyarakat kecamatan Sabak Auh semakin tinggi kesadarannya untuk membayar zakat. Karena membayar zakat itu wajib hukumnya seperti sholat dan berpuasa," kata Wabup Alfedri. 

Zakat harus melalui amil, lanjut Alfedri artinya tidak boleh langsung diserahkan sesuai petunjuk di Al Qur'an. Jadi kalau kita sendiri langsung menyerahkan uang tersebut, hal itu disebut infaq atau sedekah,"tambah Ketua Badan Wakaf Kabupaten Siak ini.

"Alfedri juga berharap potensi zakat dapat terus tergali dan bisa lebih berkembang pesat. Hari ini menerima zakat diharapkan besok jadi pembayar zakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan dari Kementerian Pertanian melalui dana APBN 2016 berupa Traktor Roda Empat 1 unit dan Roda Dua sebanyak 6 unit, serta alat bantu transplanter atau alat tanam padi 1 unit untuk kampung Teluk Lanus kecamatan Sungai Apit.

Sementara untuk  kecamatan Sabak Auh juga diserahkan Traktor roda empat sebanyak 1 Unit dan Roda Dua sebanyak 4 unit. Total bantuan tersebut untuk kabupaten Siak sudah diserahkan sebanyak 5 unit traktor roda 4, traktor roda 2 sebanyak 15 unit dan alat tanam padi sebanyak 15 unit. 

Saat ditemui, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Siak Rubiati menyebutkan, bantuan tersebut merupakan program pemerintah sebagai upaya untuk peningkatan produktifitas Padi, jagung, ubi dalam upaya swasembada pangan di daerah. 

"Pihaknya akan terus berupaya untuk menjemput dana atau bantuan dari pemerintah pusat tersebut. Ia berharap pemanfaatan alat dan mesin pertanian ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan produksi tanaman pangan dan kesejahteraan masyarakat tani di kabupaten Siak. 

"Kemudian bantuan peralatan dan mesin percepatan tanam panen ini dapat dikelola dengan semestinya sehingga terus dapat digunakan," katanya. 

Hadir pada kesempatan tersebut, penceramah ustad Kaspul dari Siak, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Siak Rubiati, Camat Sabak Auh Suparni, KUA Sabak Auh, Kepala UPTD dan Penghulu Kampung Rempak, perangkat kampung, Serta pengurus BAZNAS Siak dan BAZ Kecamatan Sabak Auh. (rdk/hms)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!