Bupati Siak H Syamsuar Secara Resmi Membuka MTQ Kab Siak ke-16 di kec sei mandau

SIAK:Riaunet.com~Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Siak ke XVl, di Kecamatan Sungai Mandau Kamis(14/7/2016) tepatnya di pelataran Pondok Modern Gontor Putra. 

Camat Sungai Mandau, Irwan Kurniawan bertekad kuat untuk membangun daerahnya agar lebih berkembang, gemilang dan terbilang. Apalagi sejak berdirinya pondok pesantren modern Gontor 14 tersebut.

"lni malam bersejarah, Karena pertama kalinya Kecamatan Sungai Mandau menjadi tuan rumah MTQ XVI tingkat kabupaten Siak. Semoga kecamatan Sungai Mandau bisa mengukir prestasi yang lebih baik," kata Camat terbaik se-kabupaten Siak ini. 

Dia menjelaskan, sesuai dengan keptusan Bupati Siak tentang pembentukan pelaksana serta petugas MTQ ke 16 dengan tujuan dan maksud yaitu terwujudnya ukuah islamiah yang mengamalkan isi serta kandungan dari  Alquran hingga dunia dan ahirat serta menjadi pedoman hidup bagi umat Islam untuk menuntun kejalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Pelaksanaan MTQ ini nantinya berlangsung selama 7 hari, dimulai pada hari ini tanggal 14 hingga 20 Juli 2016 dengan diawali pembukaan pawai ta'ruf, stand bazar serta pembukaan MTQ pada malam ini," ujar Irwan. 

Ini mengambil tema "Dengan MTQ XVI Tingkat Kab Siak kita wujudkan masyarakat yang gemar membaca, memahami dan mengamalkan kandungan Al Qur'an"

Selaku Tuan Rumah dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang terlibat, serta kepada jajaran pengurus pondok pesantren gontor Sungai Mandau yang ikut memberikan kontribusi,"kata Irwan. 
Irwan mengajak kaum muslimin untuk mengamalkan AlQur'an sebagai barometer bagi umat Islam sehingga kita dapat membedakan mana yang hak dan mana yang bathil. Dan kita selalu mendapat cucuran Rahmat dari Allah SWT," Imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Riau yang  diwakili staf ahli Gubri bidang pembangunan, Arlisman Agus saat membacakan pidato Gubernur Riau menjelaskan, pelaksanaan MTQ ini merupakan media dakwah dalam membumikan serta menjadikan masyarakat madani yang di cita-citakan. 

Aspek yang perlu diperhatikan adalah dengan meningkatkan media agama seperti pondok pesantren, sehingga bisa mendorong minat masyarakat serta kaula muda dalam memahami kandungan Al Qur'an dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari," jelas Agus.

Pemerintah provinsi Riau sangat mendukung dan berharap agar momentum ini bisa melahirkan Qori dan Qoriah dikabupaten Siak khususnya dan provinsi Riau umumnya dengan mengedapankan religius didaerah Riau ini," tambahnya. 

Sementara itu Bupati Siak Syamsuar mengucapkan taniah terhadap pelaksanaan MTQ ke-16 ini hingga bisa membawa manfaat. Ini lah upaya kita untuk membumikan Alqur'an ditengah-tengah masyarakat. Seyogyanya pelaksanaan MTQ ini adalah salah satu cara untuk pembinaan terhadap qori dan qoriah. 

Selain itu, ini juga sebagai jalinan dalam mempererat tali silaturahmi serta mewujudkan mayarakat yang beriman. Pemkab Siak terus mendorong perkembangan terwujudnya masyarakat yang agamis beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Syamsuar dalam sambutannya dihadapan seluruh yang hadir. 

"Apabila masyarakat tidak melanggar norma-norma agama, tentu kita bisa menciptakan masyarakat yang agamis, damai, beriman sehingga bisa memelihara perstuan dan kesatuan bangsa dalam rangka mewujudkan pembanghunan yang maju dikabupaten siak," tambah Bupati. 

Melalui kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk terus membangun peradaban Islam di negeri istana ini. Dengan perkembangan teknologi saat ini, selain memiliki nilai positif juga mempunyai efek negatif. Untuk itu mari sama-sama kita senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Saya juga mengajak masyarakat khususnya anak SMP untuk melanjutkan pendidikan Wustho. Karena mengandalkan pendidikan agama di sekolah belumlah cukup," ucap Syamsuar. 

Dijelaskan Syamsuar, banyak pondok pesantren yang didirikan, untuk itu kita harus bergandengan tangan demi kemajuan pendidikan agama di negri ini, apa lagi bisa diterapkan disetiap kampung-kampung, sehingga bisa terwujudnya kampung sakinah. Harapannya agar terpelihara sholat serta pengumpulan zakat yang saat ini kita galakkan. 

"Semoga kecamatan Sungai Mandau bisa menjadi yang terbaik pada tahun ini, tetaplah semangat dan bekerja keras serta berbuat baik untuk negeri ini," Imbuhnya. 

Di akhir acara pembukaan ini juga dilakukan penyerahan piala bergilir oleh Camat Siak kepada Camat Sungai Mandau untuk diperebutkan kembali. 

Pada kesempatan itu Bupati Siak Syamsuar memukul bedug tanda dibukanya MTQ kabupaten Siak ke-XVI yang didampingi juga oleh Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pembangunan Arlisman Agus, Wakil Bupati Siak Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, serta Camat Sungai Mandau Irwan kurniawan.(rdk/hms)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!