Desa Subarak Kecamatan Gunung Sahilan Kampar Lestarikan Perayaan Hari Raya Adat Ninik Mamak



Kampar:Riaunet.com~Masyarakat Desa Subarak, Kecamatan Gunung Sailan, Kabupaten Kampar-Riau mengadakan acara Hari Raya Adat. Setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 H/2016 M Warga Desa Subarak selalu rutin mengadakan acara Hari Raya Adat ini tiap tahunnya dari generasi ke generasi.

Acara ini digelar pada 5 Syawal 1437 H bertepatan, Minggu (10/7) di alun-alun Desa Subarak. 

"Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, semua ini berkat kerjasama gotong-royong panitia dan para udangan yang hadir," kata Pusbar, selaku ketua panitia Acara Hari Raya adat Subarak kepada riaunet.com melalui telpon selulernya, senin (11/7/2016). 

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Subarak, Kebundurian, Gunung Sahilan, Sahilan Darussalam, LPM Desa Suka Makmur, LPM Makmur Sejahtra, dan Bapak Camat Kecamatan Gununug Sahilan.

"Dijelaskan Pusbar, Hari Raya Ninik Mamak ini diawali oleh Dunsanak Kamanakan (Warga setempat), tempat berkumpulnya semua Ninik Mamak dari Suku yang ada di Desa Subarak/Kampar di rumah siompo Suku Nan Tigo, yakni Suku Piliang Ber Datuk Paduko Rajo, Suku Melayu Ber Dardatuk Monti dan Suku Domo Ber Datuk Pidano. 

Setelah berkumpul dirumah siompu, selnjutnya masing-masing suku tersebut pergi menjalang (menjemput) Ninik Mamak Suku Piliang di Rumah Siompu Nagori," jelas Pusbar. 

Selanjutnya di arak bersama anak kemenakan ke alun-alun tempat digelarnya acara Hari Raya Adat di lapangan terbuka. 

Dan acara ini diawali dengan pagelaran pencak silat pembuka (silat bunga) dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita untuk memasuki alun-alun tempat acara tersebut digelar," ujar Pusbar. 

Intinya acara ini adalah Silaturahim antar keluarga sekampung dan keluarga yang di rantau karna pulang kampung. 

Untuk Petata petiti (petuah adat) disampaikan oleh Dt. Paduko Rajo (Piliang) dan Datuk atau Ninik Mamak dari kenegerian yang berada di wilayah Kerajaan Gunung Sahilan Darussalam,"terang Pusbar. 

Sebagai penutup, acara ini juga diselingi dengan berbagai macam hiburan rakyat dan adat. sampai dua minggu penyelenggaraan acara ini digelar dengan berbagai agenda, mulai dari olehraga air (pacu sampan), menembak, panjat pinang, permainan anak-anak sampai olehraga dewasa, seperti volly ball, takraw, bola kaki dll," tambahnya. 

Ditempat terpisah, Tokoh Pemuda asal Desa Subarak yang juga Ketua OKP Perhimpunan Pemuda Riau (PPR), Yusroni mengatakan, Acara Adat ini adalah khazanah kekayaan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah Kerajaan Gunung Sahilan/Kampar. 

Kedesaan Subarak, Kenegrian Gunung Sahilan dan Kenegrian Kebun Durian, ini adalah sebahagian daerah Kampar yang terus menjunjung tinggi nilai adat dan istiadat dengan menggelar Upacara Adat/Hari Raya Ninik Mamak," ucap Yusroni.

"Dia (Andiko Nan 44 Kampar) berharap kepada masyarakat Rantau Kampar Kiri-Siak Hulu khususnya wilayah Kerajaan Gunung Sailan Darussalam, mari kito Cintoi khazanah kekayaan adat istiadat nagori kito sebagai kearifan lokal dan semangat pemersatu anak nagori," harap Yusroni. (rdk) 

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!