Gerak-gerik Mencurigakan, 2 Penumpang Batik Air Ketahuan Bawa Sabu

Jakarta~Pengamanan bandara Soekarno-Hatta mengamankan pembawa sabu. Petugas berhasil menangkap dua (2) orang penumpang maskapai Batik Air tersebut.

"Secara khusus petugas keamanan tidak ada penugasan untuk narkotika, namun karena memiliki ilmu yang namanya profiling dia bisa melihat orang yang berperilaku aneh, gesturenya, jalannya aneh dan ternyata lewat box berbunyi dan dilakukan pemeriksaan," ujar Direktur Operasi dan Teknik AP II Djoko Murjatmodjo di Terminal Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (9/7/2016).

Dijelaskan Djoko, saat pemeriksaan ditemukan barang mencurigakan kemudian kedua tersangka pun akhirnya diajak ke ruangan khusus untuk melakukan body search. 

"Prosedur kita memang seperti itu, ternyata ada narkoba, dan ketika aviation security menemukan seperti itu, kewajiban sesuai SOP adalah memberi tahu kepolisian, dan di sini ada polres bandara ada unit anti narkoba yang selalu siap," jelas Djoko.

Aviation security tidak secara khusus ditugaskan menjamin waspada narkotika di momen libur lebaran, namun ilmu profiling tersebut bisa sangat membantu dalam kesempatan libur yang diprediksi akan mengalami gangguan keamanan seperti ini. 

"Tugas avsec ditetapkan secara internasional untuk menjamin tidak ada barang terlarang terbawa ke pasawat udara, baik oleh penumpang maupun bagasinya, nah itulah yang kita lakukan, jadi tidak ada penambahan petugas khusus tapi kebetulan avsec dibekali ilmu profiling," tutup Djoko. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!