JK Hadiri Acara Musyawarah Masyarakat Adat Batak

Jakarta~Wapres JK hadir dalam acara Musyawarah Masyarakat Adat Batak (MMAB) 2016 dan langsung disambut oleh para raja, tetua adat dan tetua suku.

  Dengan mengenakan baju batik warna biru, JK datang bersama Mufidah Jusuf Kalla sekitar pukul 10.00 WIB. Secara simbolis keduanya menerima kain ulos yang diserahkan dari 6 puak (etnis) yang ada di Batak.

  "Di Sumatera Utara (Sumut) ada multietnik. Ada 8 etnik lokal, dan 6 di antaranya yaitu puak Batak. Ada 33 kabupaten dan kota. Masyarakat majemuk ini adalah yang berpotensi memacu pembangunan. Alhamdulillah seluruhnya berkembang dengan baik," kata Gubernur Sumut, Teuku Erry Nuradi, di Parapat, Sabtu (30/7/2016).

  Dijelaskan Erry, situasi kondusif yang terjadi adalah upaya dari seluruh pemuka agama, tokoh lintas etnik dan para pemuda.

  Tiga elemen inilah yang berperan menciptakan keharmonisan dalam masyarakat," jelasnya.

  Sementara itu Effendi Simbolon yang merupakan Ketua Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) mengatakan bahwa acara ini digagas oleh keenam puak yang ada, yaitu Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, Mandailing dan Angkola.

  "Momen ini digagas oleh 6 puak karena ingin berdialog dengan pemerintah pusat. Nanti ada perwakilan dari puak-puak. Ada 260 marga dari seluruh marga di tanah Batak," ucap Effendi.

  Dikatakan Efendi bahwa acara ini bertujuan ingin adanya dialog dari masyarakat adat dengan pemerintah pusat untuk membahas masyarakat adat bersama.

  Acara MMAB ini digelar mulai 29 hingga 31 Juli 2016. Dan acara ini dihadiri oleh 2000 peserta. Setelah selesai rencananya akan digelar Rapat Kerja Nasional PSBI. Nantinya pada penutupan acara, Effendi mengatakan akan ada laporan yang akan disampaikan kepada Presiden dan Wapres di Jakarta.

  "Melepas burung dan menebar bibit ikan untuk upaya restorasi. Di hari penutupan besok, ada kemanunggalan, keterampilan dari TNI. 70 penerjuan akan terjun ke Danau Toba. Hasil dari musyawarah ini akan kita laporkan berupa Parapat Massage, Pesan Parapat kepada Bapak dan Presiden," kata Effendi.

  Hadir ke dalam acara juga, Kepala BIN Soetiyoso, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Kominfo Rudiantara, Gubernur Sumut. Dan rencananya hadir juga Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan musyawarah ini akan ditutup oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!