Ketua Forikan Siak: Mengkonsumsi Ikan Bisa Membuat Ibu Awet Muda



SIAK:Riaunet.com~Mengkonsumsi ikan bisa membuat ibu-ibu awet muda. hal tersebut disampai ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Aldefri pada Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan pada kegiatan lomba masak ikan berbahan serba ikan dan sosialisasi gemar makan ikan di aula Gedung Wanita Siak Sri Indrapura, Selasa (26/7/2016). 

Gerakan makan ikan ini merupakan gerakan nasional yang berkelanjutan sampai ketingkat kampung, bagi kecamatan yang belum menbentuk di tingkat kampung. karena Forikan tingkat kecamatan merupakan berpanjang tangan dari tingkat kampung. 

"Bagi mana kualitas sumberdaya yang baik memiliki gizi yang baik, dan darimana kita peroleh ikan. Salah satu zat dari ikan terdapat protein hewani yang mudah dicerna oleh tubuh," kata ketua forikan Siak, Rasidah Alfedri. 

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mensosialisasikan gerakan makan ikan untuk mencerdaskan anak anak. 

"Untuk itu diharapkan Forikan tingkat kecamatan sampai kampung agar dapat mengsosialisasikan kepada keluarga dan tetangga untuk selalu makan ikan," ujarnya. 

Rasidah berharap agar seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan dengan sebaik baiknya. 

"Para Peserta terdiri dari 14 kecamatan se-kabupaten Siak, dan seluruh kecamatan masing-masing mengutus 5 orang perwakilannya," Imbuhnya. 

Puncak acara dijadwalkan pada hari kamis mendatang di Balairung Datuk Empat Suku, termasuk untuk kegiatan lomba masak berbahan serba ikan. 

Sementara itu panitia pelaksana, Surya Makmur menyampaikan, tujuan kegiatan ini supaya menjadikan masyarakat sehat kuat dan cerdas bila gemar makan ikan. 

kegiatan ini diikuti seluruh kecamatan yang ada dikabupaten Siak," kata Surya.

Pada kesempatan itu juga, Kadis Peternakan, Perikanan dan kelautan kabupaten Siak, Susilawati mengatakan Forikan Siak di usulkan akan mendapatkan penghargaan di tingkat nasional. 

Usulan tersebut meliputi berapa aspek yang telah membentuk forikan sampai tingkat kampung," ujar.Susi. 

Ia berharap agar masyarakat memiliki kesadaran untuk makan ikan, karena kebutuhan ikan di kabupaten siak mencukupi untuk dikonsumsi. 

"Apa yang disampaikan narasumber tadi nantinya dapat memberikan pencerahan bagi peserta pelatihan," harapnya. 

Lailiyana, selaku narasumber asal Pekanbaru menghimbau kepada peserta tentang manfaat mengkonsumsi ikan. Karena ikan mengandung protein yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan lemak pada ikan adalah lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. 

"Zat gizi lainnya yang terkandung dalam ikan adalah vitamin dan mineral," kata Lailiyana, yang juga Dosen Poltekes Kemenkes Riau.(rdk/hms)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!