Setdakab Siak: Jumlah Penduduk Melonjak, Bukan Berarti KB Tak Jalan.

SIAK:Riaunet.com~Kurun waktu 16 tahun sejak dimekarkan dari kabupaten induk, telah terjadi lonjakan pertumbuhan penduduk luar biasa di Kabupaten Siak. Pertumbuhan jumlah penduduk di Negeri Istana ini disebut-sebut sebagai lonjakan jumlah penduduk tertinggi di Provinsi Riau, dengan presentasi mencapai 37 persen pertahunnya. 

Hal ini di ungkapkan Sekretaris Daerah (Setda) kabupaten siak, HTS Hamzah saat menyambut kunjungan Direktur Kesehatan Reproduksi BKKBN Sri Rahayu di RSUD Tengku Rafian di si sri indrapura, Kamis (14/7/2016).

“Dari data Statistik menunjukkan bahwa jumlah penduduk Kabupaten Siak saat ini sekitar 408 ribu jiwa, kenaikannya akan sangat menonjol apabila dibandingkan pada masa awal berdirinya Kabupaten Siak, yang saat itu hanya berjumlah 256 ribu jiwa. 

Artinya ada pertumbuhan penduduk sebanyak 151 ribu jiwa” ungkap Hamzah. 

Namun, dengan adanya bonus demografi ini bukan berarti dikarenakan program KB tak berjalan dengan baik di Kabupaten Siak. Program KB terus menjadi salah satu perhatian Pemkab Siak, dikarenakan nilai urgensinya terkait langsung dengn ketahanan bangsa. 

"Saat ini justru jumlah peserta KB aktif di Kabupaten Siak meningkat menjadi 67.683 akseptor, atau sekitar 71,65 persen dari jumlah keseluruhan pasangan usia subur 94.463 jiwa. Dengan jumlah peserta KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang mencapai 11.784 akseptor atau 17,41 persen dari keseluruhan akseptor,” ujar nya. 

“Lonjakan jumlah penduduk ini, lanjut Hamzah, dikarenakan banyaknya masyarakat bermigrasi ke Kabupaten Siak. Ibarat ada gula ada semut. 

Kenyataannya daerah kita menjadi daya tarik luar biasa untuk menarik orang datang dan menjadi penduduk Kabupaten Siak. Siapa saja boleh datang dan bersaing,” kata dia. 

Meski demikian, Hamzah mengakui bahwa lonjakan jumlah penduduk yang besar ini apabila tidak dikelola dengan baik,dapat menjadi beban dalam pelaksanaan pembangunan didaerah, karenanya Pemkab Siak menyadari sepenuhnya bahwa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia merupakan sebuah keharusan.

“Lonjakan penduduk ini tetap perlu kita kendalikan, salah satu solusinya adalah dengan menggalakkan Program KB ditengah-tengah masyarakat” imbuhnya. (rdk/rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!